Erabaru.net. Pada umumnya, orang akan berpikir bahwa zaman sekarang yang disebut zaman modern, orang-orang serta teknologinya lebih maju dari zaman kuno, bahwa pada zaman kuno, manusia tidak memiliki teknologi maju untuk membangun kota, untuk membela diri melawan musuh, untuk memahami dan memprediksi alam, atau untuk menyatukan wilayah yang berbeda, seperti yang dimiliki manusia di zaman modern sekarang ini.

Ada satu hal yang mengejutkan, yaitu adalah, hari ini, dimana teknologi manusia sudah sangat canggih, dimana teknologi tersebut sudah mampu membuat manusia pergi ke bulan, namun satu fakta mencengangkan adalah, teknologi modern itu, belum mampu meniru beberapa penemuan berkualitas tinggi di zaman kuno.

Berikut adalah 4 teknologi yang masih mengejutkan kita semua, sampai sekarang:

1. Baja Damaskus

i.pinimg.com

Alat ini digunakan di Timur Tengah dalam pembuatan pedang dan pisau, sangat tajam dan tahan sehingga bahkan para ahli metalurgi pun masih mendiskusikan proses pembuatannya, dan belum menemukan jawaban sampai sekarang.

2. Beton Romawi

i.pinimg.com

Bangunan Ini telah bertahan selama lebih dari 2000 tahun. Bangunan-bangunan modern hampir tidak bisa bertahan sampai 200 tahun jika tidak secara rutin dilakukan perawatan. Hal ini disebabkan oleh resep beton Romawi, pasir vulkanik dan batu, yang sampai sekarang tidak mampu ditiru oleh manusia zaman modern.

3. Detektor gempa Tiongkok

i.pinimg.com

Alat ini diciptakan oleh orang bijak, Zhang Heng, pada tahun 132 Masehi. Alat ini mungkin adalah instrumen pertama yang mampu mendeteksi gempa dari kejauhan.

4. Piringan uunartoq dan batu suryanya

i.pinimg.com
i.pinimg.com

Instrumen ini terdiri dari sebuah relief piringan yang digunakan oleh bangsa Viking kuno, untuk menemukan titik kardinal. Penemuan ini kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kristal kalsit yang bisa menciptakan pembiasan ganda sinar matahari, bahkan sekalipun kristal itu keruh. Artinya, mereka bisa menentukan arah, tanpa menggunakan kompas bentuk konvensional.

Singkatnya, penemuan masyarakat zaman lampau ini memberi tahu kita bahwa walaupun di masa kini, smartphone kita adalah alat praktis yang tak terkalahkan, tetap saja, dalam aspek tertentu, kita masih memiliki keterbatasan yang tidak dimiliki oleh nenek moyang kita. (Anggi/ Jul)

Sumber: perfecto.guru

Share

Video Popular