Erabaru.net. Penggunaan empeng selalu menjadi perhatian kalangan orang tua, terutama di saat pertama.

Seringkali, dan mungkin satu-satunya hal yang bisa menenangkan bayi dan membantunya tidur adalah dot, tapi kita tahu bahwa tidak mungkin bayi ini terus mengedot, suatu hari pasti, dia akan tumbuh besar, dan norma sosial akan mengharuskannya melepas dot itu.

s2.glbimg.com

Yang menjadi persoalan adalah, banyak orangtua yang sulit membuat anaknya melepas dot, terutama saat mereka akan tidur di malam hari , dalam beberapa kasus, ada yang bahkan masih mengedot sampai duduk di bangku kuliah.

Batas waktu penggunaan dot juga menimbulkan banyak kontroversi: beberapa ahli merekomendasikan sampai usia enam bulan dan yang lainnya sampai dua tahun, namun kebanyakan setuju bahwa, semakin cepat mereka berhenti, semakin baik.

Berikut adalah beberapa tip yang bisa membantu anak Anda melepas dot untuk selamanya:

perfecto.guru
  1. Gunakan hal lain yang dapat menarik perhatian anak Anda dan membuatnya nyaman dan menyenangkan: seperti mainan, menyanyikan lagu, jalan-jalan, …, setelah lama, mulai lepaslah dotnya dan tetap sering-sering mengajaknya melakukan aktivitas bersama yang disukainya.
  2. Beri selimut tidur atau boneka lembut: seringkali handuk lembut, selimut, ataupun boneka lembut yang nyaman, bisa membantu bayi Anda merasa nyaman saat tidur, dan dengan demikian dia bisa melupakan dotnya.
  3. Hindari memiliki banyak dot: memiliki banyak pilihan dot dalam berbagai warna atau bentuk, akan membuat anak Anda memerlukan waktu lebih lama, untuk melupakan dot-dot tersebut.
  4. Terakhir, cobalah membatasi jam dan tempat di mana Anda menggunakan dot, seperti misalnya hanya di malam hari, atau hanya di tempat tidur … sampai sedikit demi sedikit Anda melihat sudah cukup aman bagi bayi Anda untuk mengucapkan selamat tinggal pada “teman kecilnya”. (Anggi/ Jul)
perfecto.guru

Sumber: revistacrescer.globo.com

Disclaimer: semua artikel kesehatan yang ada di situs Erabaru.net ini hanya untuk tujuan informasi, dan hanya dapat dianggap sebagai saran, serta tidak boleh dijadikan acuan untuk menentukan kondisi siapapun. Jika Anda mengalami masalah atau gangguan, kami sangat menyarankan untuk segera mencari bantuan profesional.

Share
Kategori: BAYI PARENTING

Video Popular