Erabaru.net. Ada suatu kondisi yang disebut misofonía, yaitu kurangnya toleransi terhadap suara umum yang dihasilkan oleh tubuh orang lain, hal itu hanya bisa membuat hidup menjadi menderita karena hampir tidak ada orang yang hidup tanpa menjalin kontak dengan orang lain.

Namun Misofonía hanya berlaku untuk suara-suara tertentu, seperti mendengar orang lain batuk, bernafas ataupun makan, suara tersebut seolah jadi tak tertahankan untuk didengar.

Pinterest

Tidak diketahui secara pasti berapa banyak penderita misofonia, namun diperkirakan bisa sampai 20% dari populasi. Sesungguhnya itu persentase yang cukup tinggi.

Seseorang dengan misofonía sangat mungkin akan menghindari orang yang menyebabkan ketidaknyamanan pada dirinya, sekalipun sebenarnya orang tersebut sama sekali tidak berniat mengganggu, orang tersebut hanya melakukan aktivitasnya sendiri, dan aktivitasnya juga adalah aktivitas biasa, namun di telinga seorang misofonia, hal itu bisa menjadi sangat menyebalkan! Dalam kasus terburuk, bahkan bisa menyebabkan seorang misofonia melakukan tindak kekerasan.

Jika Anda mengenali gejala semacam itu terjadi pada diri Anda, ada kabar baik! Sekelompok peneliti dari Northwestern University menyimpulkan bahwa mereka yang menderita misofonía memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menjadi kreatif daripada mereka yang tidak.

Sebenarnya, penelitian mereka menyatakan bahwa semakin parah kasus misoponis yang dialami, maka semakin tinggi pula skor tes kreativitasnya.

Pemimpin tim peneliti menjelaskan: “Kecenderungan untuk menyaring ‘informasi sensorik yang tidak relevan’ terjadi secara dini dan secara tidak sengaja di otak, hal ini dapat membantu orang-orang misofonis untuk mengintegrasikan gagasan yang tidak terfokus, yang kita sebut sebagai kreativitas di dunia nyata.”

Pinterest

Jadi, tarik napas dalam-dalam dan lebih toleranlah terhadap orang-orang yang mengganggu Anda. Mereka tidak mengerti apa yang Anda derita, dan mereka juga tidak mengerti bahwa di dekat mereka ada seorang jenius yang kreatif! (Anggi/ Jul)

Sumber: perfecto.guru

Disclaimer: semua artikel kesehatan yang ada di situs Erabaru.net ini hanya untuk tujuan informasi, dan hanya dapat dianggap sebagai saran, serta tidak boleh dijadikan acuan untuk menentukan kondisi siapapun. Jika Anda mengalami masalah atau gangguan, kami sangat menyarankan untuk segera mencari bantuan profesional.

Share
Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular

Ad will display in 09 seconds