Erabaru.net. Terlepas dari semua manfaat kesehatan dari air lemon.Tahukah Anda bahwa air dengan irisan lemon yang Anda pesan di restoran kemungkinan sudah terkontaminasi bakteri, virus dan mikroba lainya.

Penelitian tahun 2007 yang dimuat di dalam Journal of Environmental Health menguji kuman pada 76 lemon dari 21 restoran dan menemukan beberapa temuan aneh.

Hampir 70% irisan lemon mengandung bakteri, virus, dan mikroba lainnya—termasuk E. coli si penyebab penyakit.

Meskipun lemon adalah pembunuh kuman alami, namun lemon itu sendiri dapat tercemar.

Dari investigasi ABC News menguji satu lemon di 10 restoran berbeda dan menemukan bahwa separuh irisan lemon mengandung kotoran manusia (yang juga ditemukan di es Starbucks). Oh sungguh menjijikkan!

Irisan lemon lebih sering mengandung bakteri dibandingkan dengan makanan yang Anda pesan di atas piring karena standar kesehatan restoran cenderung kurang ketat untuk hiasan makanan.

Investigasi ABC melihat bahwa pekerja restoran sering menyambar lemon tanpa sarung tangan atau penjepit.

Jika mereka tidak menggosok dan mencuci tangannya dengan saksama setelah menggunakan kamar mandi atau menyentuh tempat kuman lain, ada kemungkinan mereka meninggalkan bakteri tersebut di lemon dalam minuman Anda.

Lagi pula, pekerja restoran hanya membilas kulit buah, tidak menggosok kulit buah sampai bersih.

Penulis penelitian pada tahun 2007 mengakui bahwa belum ada penyakit atau wabah yang terkait dengan lemon, dan hal itu masih berlaku sampai sekarang.

Profesor klinis mikrobiologi dan patologi di NYU Langone Medical Center bernama Philip Tierno, PhD, yang memimpin investigasi ABC News, mengatakan sistem kekebalan tubuh biasanya akan melindungi tubuh dari sakit akibat air jeruk nipis.(vivi/yant)

Sumber: rd.com

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular