Erabaru.net. Menurut penelitian baru, senyawa yang terkandung di dalam kunyit, apel, dan anggur berperan penting dalam mencegah dan mengobati salah satu kanker paling umum – prostat.

Peneliti telah mengidentifikasi sejumlah senyawa alami yang berpotensi untuk menyebabkan “kelaparan” pada tumor kanker prostat dan mengecilkan ukuran tumor tersebut.

Senyawa yang terkandung di dalam kunyit, anggur merah, dan kulit apel tampaknya memberi efek yang paling kuat, terutama bila dikombinasikan.

Rekan penulis penelitian bernama Stefano Tiziani, dari Department of Nutritional Sciences dan Dell Pediatric Research Institute di Universitas Texas di Austin, dan rekannya baru-baru ini melaporkan temuan mereka di jurnal Precision Oncology.

Setelah kanker kulit, kanker prostat adalah kanker paling umum di kalangan pria di Amerika Serikat.

Menurut American Cancer Society, akan ada 161.360 kasus baru kanker prostat yang didiagnosis tahun 2017, dan sekitar 26.730 pria akan meninggal karena penyakit ini.

Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi sejumlah senyawa, terutama yang ditemukan pada makanan nabati, yang berpotensi mengurangi risiko kanker prostat.

Untuk penelitian terbaru ini, Stefano Tiziani dan rekannya menggunakan teknik skrining mutakhir untuk menguji 142 senyawa alami, dengan tujuan untuk mengidentifikasi senyawa alami yang paling efektif untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker prostat.

Kombinasi senyawa alami tersebut menghambat pertumbuhan tumor pada tikus.

Senyawa alami tersebut masing-masing dan dikombinasikan untuk diuji pada sel kanker prostat yang berasal dari tikus dan manusia.

Tim mengidentifikasi tiga senyawa yang paling efektif untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker prostat:

• Kurkumin, senyawa kuning cerah yang terkandung di dalam kunyit
• Asam ursolat, yang terkandung di dalam kulit apel
• Resveratrol, yang terkandung di dalam anggur merah dan buah berry

Ketiga senyawa ini kemudian diuji pada tikus percobaan yang menderita kanker prostat.

Peneliti menemukan bahwa ketika asam ursolat dikombinasikan dengan kurkumin atau resveratrol, senyawa alami tersebut mencegah penyerapan glutamin oleh sel kanker prostat, yang mencegah pertumbuhan tumor pada tikus.

Glutamin adalah asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker prostat, sehingga mencegah sel kanker prostat menyerap glutamin akan secara efektif membuat sel kanker prostat “kelaparan” sampai mati.

Asam ursolat, kurkumin, dan resveratrol adalah senyawa alami yang tidak menyebabkan keracunan pada tikus.

Namun, peneliti mencatat bahwa kadar masing-masing dari ketiga senyawa tersebut yang diberikan kepada tikus adalah lebih tinggi daripada yang biasa dikonsumsi melalui diet.

Meski begitu, tim yakin temuan tersebut menjanjikan strategi alami untuk mencegah dan mengobati kanker prostat.

“Nutrisi ini mudah didapat dan berpotensi bersifat anti-kanker. Kami hanya perlu meningkatkan kadar melebihi kadar yang ditemukan dalam makanan sehat untuk memberi efek pada sel kanker prostat,” demikian kata Stefano Tiziani.(vivi/yant)

Sumber: medicalnewstoday.com

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular

Ad will display in 09 seconds