Erabaru.net. Para ilmuwan memuji fosil dinosaurus prasejarah ini sebagai “fosil dinosaurus yang diawetkan terbaik di Bumi.”

Sebenarnya, dinosaurus ini sangat terpelihara dengan baik sehingga tidak dapat didefinisikan sebagai fosil.

Spesimen kuno berukuran 18 kaki yang bertubuh besar ini telah disebut sebagai “mumi dinosaurus”.


© Wikipedia | Machairo

Museum Palaeontology Royal Tyrrell di Alberta, Kanada, baru-baru ini meluncurkan sebuah pameran dinosaurus.

“Kami tidak hanya memiliki kerangka,” kata Caleb Brown, seorang peneliti di museum tersebut kepada National Geographic.

“Kami memiliki dinosaurus seperti yang seharusnya terjadi.”


© Facebook | Museum Royal Tyrrell

Sejak digali, ia tetap mempertahankan bentuknya, walaupun beberapa tulangnya tidak terlihat, namun beberapa organ dalamnya masih utuh.

Para peneliti cukup kagum pada tingkat pelestarian dinosaurus yang hampir tak tertandingi.

Dinosaurus ini bisa sangat terpelihara dengan baik karena “mungkin telah diawetkan sekitar beberapa minggu yang lalu,” ujar Jakob Vinther, paleobiolog dari University of Bristol.

“Saya belum pernah melihat yang seperti ini.”


© Facebook | Museum Royal Tyrrell

Makhluk itu pertama kali ditemukan pada tahun 2011 ketika seorang pekerja tambang minyak bernama Shawn Funk secara tidak sengaja menemukan spesimen itu saat ia sedang bekerja.

Sejak saat itu, peneliti telah melakukan tes selama 7.000 jam dan mengumpulkan bukti dari dinosaurus ini dan menyiapkan sisa-sisanya yang akan dipajang di museum selama enam tahun.

© Instagram | royaltyrrell

Lebih dari 100 juta tahun yang lalu, ketika makhluk prasejarah kuno ini berkeliaran di bumi, ia adalah anggota spesies dan genus yang baru ditemukan bernama Nodosaurus.

Dia termasuk jenis dinosaurus herbivora berkaki empat raksasa dan tubuhnya dilindungi oleh “baju besi” berlapis runcing.

Hewan ini awalnya beratnya sekitar 3.000 pound atau sekitar 1360,777 kg saat masih hidup.

Mumi Nodosaurus ini bahkan tidak terlalu mengalami penurunan signifikan, karena beratnya masih mencapai 2.500 pound atau sekitar 1134 kg! Sungguh luar biasa!

© Instagram | royaltyrrell

Pertanyaan tentang bagaimana dinosaurus bisa tetap begitu utuh setelah digali memang masih membingungkan para ilmuwan, walaupun menurut National Geographic, para ilmuwan mengemukakan teori bahwa makhluk itu mungkin hanyut ke laut yang asin, dimana ia mati tenggelam.

Karena terbaring disana, dimana tak ada bakteri atau pengurai yang menguraikan bangkainya, baju besi dan kulitnya tertutupi mineral air laut selama jutaan tahun.

Ini memberi bentuk tubuh dinosaurus agar terlihat sama seperti dulu saat ia masih hidup.

©Facebook | Royal Tyrrell Museum

Saat dinosaurus ini dipamerkan di Royal Tyrrell Museum, pengunjung memiliki kesempatan untuk mengamati apa yang dianggap sebagai hal yang paling dekat dengan dinosaurus asli.

Saat melihat spesimen yang menakjubkan ini, mungkin pengunjung akan dapat memvisualisasikan dengan jelas kehidupan zaman dinosaurus yang terjadi jutaan tahun yang lalu.

Tonton video di bawah ini.

(intan/rp)

Share

Video Popular