Erabaru.net. Benda misterius yang ditemukan di jantung galaksi kita ini begitu besar sehingga para ilmuwan tidak yakin apakah itu sebenarnya planet atau planet katai /kerdil.

Para ilmuwan yang telah melihat “planet” raksasa yang tersembunyi di tengah tonjolan galaksi Bima Sakti, mengumumkan dalam sebuah makalah di Astronomi dan Ilmu Antariksa Korea , yang disampaikan oleh peneliti Ryu Yoon-Hyun pada Perpustakaan Universitas Cornell.

Objek yang dimaksud diberi nama “OGLE-2016-BLG-1190Lb,” yang sedang mengelilingi sebuah bintang sekitar 22.000 tahun cahaya dari Bumi, dan 13 kali lebih besar dari Jupiter – planet terbesar tata surya kita.

(Foto : Getty Images | MARK GARLICK)

“Kami melaporkan penemuan OGLE-2016-BLG-1190Lb, yang kemungkinan merupakan planet microlensing Spitzer pertama di tonjolan/bar galaksi, sebuah hasil penelitian yang dapat dikonfirmasi oleh dua pencitraan resolusi tinggi dari kombinasi source-lens baseline object,” demikian hasil laporan dari makalah tersebut.

(Foto : Getty Images | Bill Ingalls/NASA )

OGLE-2016-BLG-1190Lb ditemukan pada bulan Juni 2016 dalam acara microlensing yang diselenggarakan oleh kolaborasi Optical Gravitasi Lensing Experiment (OGLE), sebuah proyek astronomi Polandia yang mencari planet gelap dan planet ekstrasurya di jagat raya.

Share

Video Popular