Erabaru.net. Siapa yang tidak tahu tentang sejarah tenggelamnya Titanic.

Tragedi yang menewaskan banyak penumpang kelas tinggi merupakan berita hangat di seluruh dunia dan masih banyak yang sampai saat ini.

WordPress & ABC

Namun, selain Titanic, masih ada sedikit cerita kapal karam.

# 1 HMHS Britannic

Wikimedia Commons

Britannic dapat disamakan dengan ‘saudara perempuan’ ke Titanic karena keduanya dibangun oleh perusahaan pelayaran yang sama, White Star Line.

Setelah tragedi Titanic, beberapa perubahan telah dilakukan pada Britannic seperti meningkatkan jumlah kapal penyelamat, memperkuat kerangka kapal di daerah yang rentan terhadap kerusakan oleh lapisan es.

Galeri Hip

Britannic digunakan sebagai kapal rumah sakit oleh pemerintah dan menempatkan pasien yang terluka selama Perang Dunia saat itu.

Namun, kapal tersebut hanya mampu bertahan dalam setahun sebelum tenggelam akibat meriam yang dikupas oleh musuh nasional.

Gummimar

Dari 1.000 orang di atas kapal, hanya sekitar 30 orang yang meninggal.

# 2 RMS Lusitania

Wikipedia

Pada tahun 1915, kapal tersebut tenggelam oleh sebuah kapal Jerman yang diduga melanggar hukum internasional dengan membombardir kapal-kapal non-militer tanpa peringatan.

WordPress

Pada saat yang sama, pemerintah Inggris juga melanggar undang-undang tersebut dengan menggunakan kapal Lusitania untuk mengangkut senjata api dengan harapan tentara Jerman tidak akan menyerang kapal tersebut.

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds