Erabaru.net. Para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa dari apa yang sekarang disebut sebagai dinosaurus terbesar yang pernah dikenal manusia.

Mereka mengatakan yang satu ini 10 persen lebih besar dari pemegang rekor sebelumnya, dan 10 kali lebih besar dari seekor T-Rex!

©YouTube Screenshot | National Geographic

Patagotitan mayorum yang sangat besar ini sekarang menerima gelar sebagai dinosaurus terbesar yang pernah ada di bumi.

Reptil prasejarah ini panjangnya 130 kaki, beratnya 77 ton, dan tingginya 46 kaki! Itu adalah satu dinosaurus yang sangat besar sekali!

©Wikimedia | Levi bernardo

Satu bagian tulang dari spesies ini pertama kali ditemukan oleh seorang gembala Argentina, Aureliano Hernandez, pada tahun 2013.

Ahli paleontologi menghubungi dia tentang temuan tersebut, namun dia telah meninggal dunia sebelum mereka menceritakan betapa pentingnya objek yang telah dia temukan itu.

©Blogspot | Species New to Science

Dinosaurus itu dinamakan Patagotitan mayorum oleh tim ilmuwan dari Egidio Feruglio Paleontology Museum.

Nama itu berasal dari wilayah tempat ditemukannya, Patagonia, kata Yunani titan (berarti raksasa), dan nama belakang keluarga yang memiliki wilayah dimana tulang-belulangnya itu ditemukan.

Dinosaurus 10 persen lebih besar dari pemegang rekor sebelumnya, Argentinosaurus.

Internet

Temuan ini menimbulkan pertanyaan apakah spesies dinosaurus ini adalah spesies dinosaurus terbesar atau mungkin bahkan masih ada spesies yang lebih besar lagi, yang dapat ditemukan.

©Wikimedia | Steveoc 86
Internet

José Luis Carballido dari Museum Palaeontologi Egidio Feruglio di Argentina mengatakan kepada Newsweek, “Tentu saja setiap kelompok hewan akan memiliki batasan sendiri, namun dalam kasus dinosaurus, mereka memiliki kemampuan adaptasi yang memungkinkan mereka mencapai ukuran raksasa semacam itu. Mungkin ada (yang lebih besar lagi), tapi mungkin juga saat ini kita sudah cukup dekat dengan batas ukurannya.”

Lihat video di bawah ini.

www.ntd.tv

Share

Video Popular