Erabaru.net. Sosok yang manakah kamu diantara orang-orang di atas pohon itu?

1. Mentalitas menentukan hidupmu

Seorang filsuf berkata, “Mentalitasmu adalah tuanmu.” Dalam kehidupan nyata, kita tidak dapat mengendalikan sesuatu yang kita alami, tapi dapat mengendalikan mentalitas kita sendiri.

Kita tidak dapat mengubah orang lain, tetapi dapat mengubah diri kita sendiri.

Sebenarnya, tidak banyak perbedaan antar manusia, perbedaan yang sebenarnya adalah sikap.

Karena itu, kesuksesan atau kegagalan seseorang, terutama bergantung pada mentalitasnya.

Bagaimana mentalitas kita, begitulah hidup kita. Mentalitas adalah keadaan dan aktivitas jiwa (batin), cara berpikir, dan berperasaan.

Mentalitas terbentuk melalui pikiran yang bercampur perasaan (emosi) sehingga itulah yang membentuk kondisi jiwa dan batin kita. Pun akhirnya membentuk hidup kita.

2. Hadapi kegagalan dengan sikap tegar

Dalam hidup ini ada yang berjalan lancar juga ada yang berliku-liku, namun, tidak mungkin selalu berjalan lancar.

Hidup ada puncaknya juga ada titik dasarnya (jurang), tapi tidak mungkin selalu terperosok ke dalam jurang.

Dalam menghadapi kegagalan, jika Anda hanya mengeluh dan cemberut, maka dipastikan selamanya Anda hanya akan menjadi sosok orang yang lemah.

ILUSTRASI. (Internet)

3. Percaya diri

Sejak dahulu kala, mengapa banyak orang yang gagal, kalau ditelusuri sebabnya, bukan karena ketidakmampuannya, tapi tidak percaya diri.

Keyakinan adalah sebuah kekuatan dan motivasi. Bila Anda tidak percaya diri, Anda akan sulit untuk melakukan sesuatu dengan baik  dan saat segala sesuatu yang Anda lakukan itu tidak berjalan dengan baik, Anda justeru akan lebih tidak percaya diri lagi.

Ini adalah semacam lingkaran setan. Jika ingin keluar dari lingkaran setan ini, maka Anda harus melawan kegagalan itu, dan harus membangun kepercayaan diri yang kokoh.

4. Bertindak

Lebih baik bertindak nyata daripada hanya sekadar punya keinginan, meski tindakan itu belum tentu akan berhasil, namun yang pasti tidak akan berhasil kalau tidak ada tindakan.

Hidup tidak akan memberimu imbalan hanya karena sesuatu yang ingin Anda lakukan atau sesuatu yang Anda ketahui, tapi imbalan itu baru bisa Anda terima setelah melakukan segala sesuatunya.

Tujuan seseorang itu dimulai dari mimpi, dan kesuksesan seseorang itu dicapai dalam tindakan nyata.

Share

Video Popular