Erabaru.net. Chief Executive Officer Proton, Li Chunrong mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut akan mengenalkan tiga model mobil canggih di pasar Malaysia.

Pernahkah Anda ingat saat masih muda kita sering tampil dengan tampilan film futuristik yang menampilkan kendaraan terbang, penggunaan robot dan banyak lagi?

Tampaknya sebuah mimpi akan menjadi kenyataan saat. Rencana untuk memproduksi tiga kendaraan berteknologi tinggi mutakhir pada tahun 2019.

Internet

Dikutip dari China Press, Li Chunrong mengatakan tiga model kendaraan yang akan diluncurkan Proton adalah mobil penggerak otomatis, mobil listrik bertenaga penuh dan mobil terbang pertama!

Internet

Dia menambahkan selain SUV Proton Boyue yang diharapkan akan diluncurkan pada akhir tahun depan, Proton juga akan mengupgrade dan memodifikasi delapan model yang ada untuk meningkatkan daya saing Proton.

Bahkan, ia juga mengusulkan untuk mengganti nama Proton dalam bahasa China.

Internet

Menurutnya, orang Tionghoa menerjemahkan Proton sebagai ‘Bao Teng’ yang berarti harta karun atau properti tapi orang Malaysia menyebut ‘Pu Teng’ yang mengacu pada kesamaan.

Dia mengatakan orang Malaysia harus bangga dengan Proton dengan sejarahnya yang gemilang sekaligus menjadi peradaban industri Malaysia setelah mengakuisisi Lotus pada 1996.

Internet

Hingga bulan lalu, pangsa pasar Proton stabil di level 13 persen dan dikatakan lebih baik dari tahun lalu.

Pada 24 Mei, DRB-Hicom mengeluarkan pernyataan tentang 49,9% sahamnya di penjualan Proton atas perusahaan otomotif raksasa di China yang sebelumnya mengakuisisi Volvo dari Swedia, Geely Holding Group Co Ltd (Swedia).

Setelah transaksi tersebut, Geely memiliki 51% saham di produsen mobil Inggris, Lotus dari Proton sekitar RM277.85 juta. Sisanya 49% milik Etika Automotive Sdn Bhd.

Internet

Sejak mempelopori Proton pada 1 Oktober, Li telah mendaftarkan empat jenis klaim kepada semua pegawainya.

“Pertama adalah saling menghormati, toleransi dan integrasi untuk mengejar keunggulan bisnis, kedua adalah profesionalisme dan kejujuran, ketiga adalah transparansi manajemen dan yang keempat adalah mematuhi peraturan”.

Selain itu, ia juga berharap Proton bisa memperbaiki level layanannya.

“Meski kualitas mobil Proton sangat bagus, namun kualitas layanan termasuk indeks kepuasan penjualan (SSI) dan indeks layanan pelanggan (CSI) sangat buruk, terburuk di seluruh negeri, saya belum pernah melihatnya tajam.”

Internet

“Kami juga akan memberikan komisi tertinggi di dalam negeri untuk 1% sampai 1,3% dari komisi penjualan mobil untuk tiga tahun pertama. Saat ini, hanya dua perusahaan yang memiliki kebijakan semacam itu di Malaysia namun kemampuan mereka tidak sebanding dengan kami,” jelas Li.

Sepertinya Proton sedang mencoba untuk mengembalikan zaman  keemasannya. (rp)

erabaru.net.my

Share

Video Popular