- Erabaru - http://m.erabaru.net -

14 Minuman Terbaik untuk Diminum Selama Masa Kehamilan

Erabaru.net. Apa pun yang seorang ibu minum atau makan selama bulan-bulan kehamilan sangat mempengaruhi bayinya. Terkadang, selama kehamilan seorang ibu tidak ada keinginan untuk makan apa pun, terutama selama tiga bulan pertama saat sang ibu mendambakan beberapa minuman yang menyegarkan dan menenangkan daripada makan makanan apa pun.

Namun, sangat penting untuk memeriksa apakah Anda medapatkan asupan minuman sehat yang benar atau tidak.

Jadi, sebelum memasukkan minuman apa pun ke dalam makanan Anda, pastikan Anda minum dengan benar.

Alasannya adalah apa pun yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi perkembangan bayi Anda yang belum lahir.

Berikut adalah daftar 14 minuman terbaik yang bisa Anda dapatkan selama bulan-bulan kehamilan Anda.

Minuman ini diperkaya dengan semua nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi Anda.

Mari kita ulas setiap minuman dan tahu bagaimana mereka dapat membantu Anda dalam masa kehamilan Anda.

[1]

Lemon

Lemon adalah minuman yang sempurna untuk diminum pada masa kehamilan. Lemon mengandung vitamin C yang berlimpah, yang membantu sistem pencernaan menyerap kandungan besi dengan cara yang lebih efektif.

Minuman ini juga mencukupi kadar air di dalam tubuh. Ibu hamil dapat menikmati minuman ini kapan saja atau bersamaan dengan makan siang.

Jika menderita morning sickness (mual dan muntah di pagi hari), maka minuman ini adalah minuman yang terbaik apalagi ditambah dengan sedikit parutan jahe, dan beberapa lembar daun mint.

[2]

Air kelapa

Air kelapa membuat sistem tubuh terhidrasi selama kehamilan. Ini mengurangi rasa lelah dengan mengembalikan garam alami yang hilang saat tubuh Anda berkeringat. Jadi, kapan pun Anda merasa haus, minum sedikit air kelapa yang sehat.

[3]

Jus buah segar

Selama musim panas, ibu hamil harus mengandalkan jus buah segar. Jus jeruk nipis, jeruk, semangka, kapur manis dan melon hijau adalah minuman yang sangat luar biasa saat cuaca terik. Jus buah sangat banyak zat gizi, yang penting bagi tubuh ibu hamil.

[4]

Buttermilk

Buttermilk yang dingin dapat menjadi minuman yang luar biasa saat cuaca panas yang bermanfaat supaya kadar air di dalam tubuh mencukupi selama masa kehamilan.

Buttermilk kaya akan vitamin B12, protein dan kalsium dan juga bermanfaat untuk sistem pencernaan. Anda bisa meminum segelas buttermilk sebagai makanan ringan di antara makanan berat Anda.

[5]

Smoothies buah

Anda bisa membuat smoothies buah dengan buah favorit Anda, beberapa susu dan es. Ini penuh dengan nutrisi dan mineral dan berperan sebagai makanan ringan yang sehat selama kehamilan.

[6]

Jaljeera

Jaljeera adalah minuman menyegarkan untuk dikonsumsi saat hamil. Minuman sehat ini tidak hanya membuat Anda terhidrasi tetapi juga membantu Anda mengatasi morning sickness. Rasa tajam dari jaljeera membantu membangkitkan semangat Anda dalam sekejap dan juga membantu pencernaan.

[7]

Es teh

Es teh adalah minuman yang menenangkan di musim panas. Minuman ini bermanfaat untuk meredakan morning sickness. Namun, pastikan bahwa jumlah asupan kafein dalam es teh yang diminum oleh ibu hamil dalam sehari adalah dalam batas yang diperbolehkan.

[8]

Air

Air merupakan unsur terpenting yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan supaya kadar air di dalam tubuh mencukupi. Air juga adalah penyusun utama ASI dan juga sangat penting untuk menyusui. Pastikan ibu hamil minum 8-10 gelas air setiap hari.

[9]

Susu

Susu dan semua produk susu mengandung protein, vitamin dan kalsium yang berlimpah. Susu bermanfaat supaya kadar air di dalam tubuh mencukupi selama masa kehamilan. Selama musim panas, ibu hamil dapat minum segelas susu atau milkshake dingin.

[10]

Aam Panna

Aam panna (dibuat dari air dingin dan bubur mangga hijau) adalah obat penawar ideal untuk dehidrasi. Minuman ini juga mengandung vitamin yang berlimpah yang bermanfaat selama masa kehamilan.

[11]

Jus sayuran

Jika ibu hamil tidak dapat makan cukup banyak sayuran dalam makanan sehari-hari, maka dapat membuat jus sayuran. Jus dingin dari sayuran bisa menjadi cara yang bagus untuk memuaskan rasa haus Anda saat musim panas. Ini adalah nutrisi penting yang Anda butuhkan dalam masa kehamilan Anda.

[12]

Air biji chia

Biji chia mengandung tembaga, seng, niasin, kalsium, magnesium, besi dan fosfor yang membantu perkembangan bayi. Cukup rendam beberapa biji chia di air selama beberapa waktu, dan kemudian minum air rendaman yang sangat kaya akan zat gizi ini guna mencegah terjadinya dehidrasi.

[13]

Teh daun mint

Teh daun mint bermanfaat meredakan morning sickness selama masa kehamilan, meningkatkan nafsu makan, mengurangi nyeri kepala, membantu fungsi pencernaan, mengurangi rasa panas di dalam perut, mengurangi kembung pada perut, dan meredakan muntah dan mual.

Rendam beberapa daun mint di dalam segelas air hangat, kemudian cuci dengan air dingin.

Setelah itu, rebus daun mint tersebut dengan 1 cangkir air di dalam panci dengan api rendah atau sampai tampak gelembung, matikan api. Kemudian saring, tambahkan sedikit lemon dan madu, dan minumlah selagi hangat.

[14]

Teh rooibos

Teh rooibis berkhasiat sebagai antioksidan dan bebas kafein. Teh rooibos mengandung magnesium dan kalsium yang sangat penting dalam masa kehamilan, yang bermanfaat untuk fungsi pencernaan dan mengurangi sendawa dan kembung.

Semua minuman yang disebutkan di atas dapat diminum kapan saja.(vivi/yant)

Sumber: boldsky