Erabaru.net. Sebagai orangtua, kita menunggu untuk melihat tanda-tanda gigi pertama muncul di garis gusi bayi kita. Apa di dunia ini bisa lebih berharga daripada melihat bayi kita tersenyum dengan gigi kecil mereka yang lucu?

Gigi juga membawa lebih banyak fungsi daripada sekedar kelucuan. Ini menandakan bahwa bayi Anda sudah siap untuk makan makanan padat. Ini juga berarti bahwa bayi Anda akan mulai membuat suara yang akan segera mengarah pada ucapan.

Kita sering memberi arti penting pada gigi orang dewasa. Bagaimanapun, gigi orang dewasa tidak tergantikan. Tapi tahukah Anda bahwa kesehatan gigi sementara pada anak sama pentingnya. Meski kecil, gigi susu ini berfungsi sebagai pedoman bagi gigi orang dewasa untuk tumbuh.

Jika gigi susu terlepas sebelum waktunya, akan menyebabkan gigi di sekitarnya bergerak untuk mengisi celah. Ini juga akan mengganggu gigi permanen yang terbentuk di dalam rahang. Bila waktunya tiba, gigi tetap bisa penuh atau salah tempat.

Gigi susu bisa hilang karena berbagai alasan. Peluruhan gigi pada anak-anak merupakan alasan utama hilangnya gigi pada masa kanak-kanak.

Sebagai orang tua, adalah tugas kita untuk mencegah timbulnya kerusakan gigi pada bayi kita. Jika kebetulan tanda-tanda kerusakan gigi dikenali pada bayi Anda, Anda harus melakukan hal yang perlu untuk membalikkannya atau mengobatinya.

Apa itu kerusakan gigi?

Dalam rongga mulut yang sehat, sejumlah bakteri ada untuk membantu pencernaan dan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Kita harus mempraktikkan kebiasaan kebersihan mulut yang baik seperti menyikat untuk menjaga agar populasi bakteri tetap terkendali.

Bila bakteri tumbuh tidak terkendali, asam yang mereka hasilkan mulai menggerogoti lapisan luar gigi. Peluruhan gigi pada dasarnya adalah penghancuran dan degenerasi gigi.

Bila ini terjadi pada anak-anak, hal itu dikenal sebagai kerusakan gigi anak usia dini. Hal ini biasanya mempengaruhi gigi depan dan seringkali sangat invasif.

Apa penyebab kerusakan gigi pada anak-anak?

Kurang tepatnya membersihkan mulut

Jika mulut bayi tidak dibersihkan secara teratur, hal itu bisa menyebabkan kerusakan gigi. Mulut bayi harus dibersihkan dengan tangan yang bersih atau kain kasa basah.

Saat gigi pertama mulai tumbuh, Anda mungkin mulai dengan lembut menyikat gigi bayi Anda menggunakan sikat gigi kecil dan lembut dan air biasa.

Saat bayi berusia 2 tahun Anda sekarang bisa mulai menyikat gigi bayi dengan menggunakan pasta gigi.

Share

Video Popular