- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Ulat Ular? Apa ini dan Kenapa Semua Orang Mengaguminya?

Erabaru.net. Jika Anda belum tahu Hemeroplanes triptolemus, salah satu varietas kupu-kupu, jangan kecewa karena memang tidak banyak yang tahu, kecuali mungkin spesialis serangga.

Saat masih sebagai larva, nama julukannya adalah ulat ular, setelah melihatnya Anda akan mengerti mengapa dia mendapat julukan itu.

Keajaiban evolusi pada serangga ini telah membuatnya terlihat sangat meyakinkan layaknya seekor ular asli!

[1]
Internet

Dalam keadaan damai, ketika tidak ada ahli entomologi atau turis dengan kamera di dekatnya, ulat itu diam-diam akan memakan daun atau tidur di cabang pohon.

Makhluk biasa yang tidak mencolok, sekalipun Anda melewatinya Anda belum tentu menyadarinya, dan dia juga akan diam saja. Bukankah begitu?

[2]
Internet
[3]
Internet
[4]
Internet

Tapi tidak jika kita mencoba mengusir ataupun mengusiknya dengan ranting atau benda panjang apapun, “ular” malang itu akan kehilangan kesabaran dan mulai mengangkat kepalanya bersiap melindungi diri, benar-benar seperti seekor ular hijau yang siap menyerang.

[5]
Internet
[6]
Internet
[7]
Internet

“Ular” hijau yang berbahaya itu terus menatap makhluk yang dengan gegabah berani mengusiknya. Tampangnya sangat realistis, benar-benar sulit dibedakan dengan ular yang sesungguhnya.

Setelah evolusi yang sangat lama, akhirnya makhluk unik ini bisa muncul. Bisa kita perkirakan bahwa kebanyakan musuh alami hewan ini takut pada ular.

[8]
Internet
[9]
Internet
[10]
Internet

Apapun itu, tidak lama lagi “ular” yang suka menakut-nakuti penghuni hutan ini, segera akan berubah.

[11]
Internet

Bentuk ular itu hanya bentuk perantara, pada akhirnya Anda akan mendapatkan seekor kupu-kupu yang cantik, yang terlihat tidak ada hubungannya sama sekali dengan monster ular hijau.

Alam, memang bahkan lebih gila dari yang bisa kita bayangkan! (asmanih/rp)