Erabaru.net. Sepanjang sejarah, musik telah memainkan peran yang sangat penting dalam pembentukan berbagai budaya dalam masyarakat.

Setiap musisi memiliki cara unik untuk mengekspresikan apa yang ada di kedalaman dunia batinnya.

Musisi asal New York Nemanja Rebic adalah salah seorang artis yang mengekspresikan gayanya yang khas dengan tekstur dan emosi yang kaya.

Musisi berbakat ini telah melakukan tur dan tampil di seluruh Eropa, Amerika Serikat, dan India.

Dia juga menerima bimbingan pribadi dari beberapa maestro India yang terpandang, seperti pemain mridangam Vidwan M. Vasudeva Rao, vokalis Carnatic G. Ravikiran, dan pemain musik klasik Hindustan (menggunakan dawai/senar) Ustad Shahid Parvez Khan.

Gitaris Nemanja Rebic yang berbasis di New York. (© Facebook | Nemanja Rebi)

Rebic lahir di Novi Sad, kota terbesar kedua di Serbia. Baginya, musik datang secara alami, dan telah memainkan peran utama sepanjang perjalanan hidupnya.

Dalam sebuah wawancara dengan NTD.TV, Rebic berkata, “Pada malam saya lahir, ibu saya mendengar sebuah band sedang bermain di luar di teras sebuah hotel yang dekat dengan rumah sakit.”

Rebic merasa bahwa sejak saat itu, sepertinya musik menjadi pendampingnya. Dia ingat bahwa saat balita, dia sering meminta orang tuanya untuk memainkan lagu kesukaannya dan cenderung bergerak dengan irama yang dimainkan.

Saat dia sedikit lebih dewasa, dia mulai bermain gitar menggunakan raket tenis, dan pada usia 12 tahun, dia menemukan gitar yang rusak dan mulai memetik senarnya.

Mengetahui gairahnya akan musik, orang tua Rebic lalu membelikannya gitar murah di toko terdekat.

Pada akhir tahun 2006, kehidupan Rebic berubah besar. Dia mengunjungi India untuk jangka waktu enam bulan untuk memenuhi impian remajanya untuk belajar salah satu sistem musik tertua dan paling rumit di dunia – musik Carnatic.


Nemanja bermain mridangam di India. (© Facebook | Nemanja Rebi)

Di Bangalore, Rebic memutuskan untuk belajar perkusi dan bernyanyi untuk benar-benar memahami musik pada tingkat yang lebih dalam.

Dengan ini, dia berpikir bahwa dia akan menerapkan pengetahuan ini pada gitar.

Dalam waktu yang dihabiskan di India, dia mendapat kehormatan untuk belajar musik dari seorang pemain mridangam terkenal – Vidwan M.Vasudeva Rao.

Rao telah melatih 4.000 siswa dan telah menerima banyak penghargaan atas dedikasinya untuk musik Carnatic.

Berbicara tentang Rao, Rebic mengatakan, “Dia adalah orang yang sangat tulus dan rendah hati dan saya menyukai kualitas itu dalam dirinya. Dia mengatakan bahwa saya memiliki otak yang sangat berirama yang merupakan pujian besar bagi saya. Saya belajar banyak dari dia selama 6 bulan itu dan dia memberi saya banyak bahan untuk dibawa pulang, hal-hal yang masih saya pelajari sampai hari ini.”

Rebic menemukan bahwa industri musik di India sangat unik dan memiliki rasa penghargaan yang mendalam terhadap industri musik klasik.

©Facebook | Nemanja Rebi)

“Musik Carnatic berakar pada spiritualitas dan semuanya menunjukkan penghormatan kepada makhluk yang lebih tinggi, meskipun telah banyak berubah pada abad terakhir dalam bentuk dan perilaku yang dipamerkan para seniman saat mereka tampil. Saya pribadi merasa bahwa itu tergantung kepada artis itu sendiri apakah prinsip-prinsip yang benar akan terwujud dalam musik,” katanya.

Siapa pun yang memiliki kesempatan untuk mendengar permainan Rebic akan setuju dengan fakta bahwa ia memiliki gaya yang khas, yang menggabungkan gaya teknik perkusi yang tidak konvensional dengan tekstur yang kaya yang menggambarkan emosi yang dalam.

Sebagai seniman yang terkenal, Rebic sangat percaya bahwa seni besar berasal dari hati yang murni, dan dengan demikian mencoba yang terbaik untuk menghasilkan berbagai perasaan dan cerita melalui berbagai komposisinya.

Ketika ditanya tentang di mana dia menemukan inspirasinya dalam perjalanannya yang merdu, dia mengatakan bahwa dia berutang pada latihan spiritual Falun Dafa (juga dikenal sebagai Falun Gong).

Untuk diketahui Falun Dafa merupakan sistem meditasi perbaikan diri yang berdasarkan prinsip universal Sejati-Baik-Sabar. Falun Dafa diperkenalkan ke masyarakat luas oleh Li Hongzhi pada tahun 1992 di Tiongkok.

Saat ini, Falun Dafa telah dipraktikkan oleh lebih dari 100 juta orang di 114 negara. Tapi sistem mediasi damai ini dianiaya secara brutal di Tiongkok sejak tahun 1999. Info lengkapnya dapat dilihat di situs www.FalunDafa.org dan www.FalunInfo.org.

Rebic diperkenalkan pada latihan ini pada tahun 2007 dari seorang wanita di sebuah bus di Kota New York.

“Saya memeriksa link ke halaman web yang dia kirimi lewat emailnya secara online dan saya menyukai apa yang saya lihat di sana. Beberapa hari kemudian, saya mempelajari latihan tersebut dan membaca keseluruhan buku ‘Zhuan Falun’ dalam satu kesempatan,” kata Rebic.

Share

Video Popular