Erabaru.net. Gula batu adalah bentuk gula yang terbuat dari aren. Gula Ini digunakan dalam tujuan kuliner dan obat-obatan . Gula batu kurang manis dibanding gula rafinasi. Gula batu, terbuat dari larutan tebu dan getah pohon aren.

Gula batu sangat kaya akan vitamin, mineral dan asam amino esensial. Vitamin penting, yaitu vitamin B12, banyak ditemukan pada makanan non-vegetarian

Bentuk mungil dari gula batu ini dikatakan sebagai permen yang cukup sehat. Gula batu bukan hanya pengganti gula yang lebih sehat namun juga memiliki beberapa manfaat kesehatan.

1. Menyegarkan napas

Bau mulut dapat terjadi akibat bakteri bersarang di dalam gusi untuk waktu yang lama jika Anda tidak menyikat atau berkumur setelah makan. Gula batu mempertahankan kesegaran napas bila Anda makan gula batu setelah makan.

2. Meredakan batuk

Batuk dapat terjadi bila tenggorokan terserang kuman atau bila demam. Gula batu dapat mengobati batuk seketika. Hisap gula batu secara perlahan di dalam mulut yang akan menyembuhkan batuk.

3. Menyembuhkan nyeri tenggorokan

Cuaca dingin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk nyeri tenggorokan. Aduk rata bubuk gula batu, bubuk lada hitam dan minyak samin, minumlah ramuan ini pada malam hari.

4. Meningkatkan kadar hemoglobin

Penderita kadar hemoglobin yang rendah dapat mengalami masalah seperti anemia, kulit pucat, pusing, kelelahan dan kelemahan. Gula batu berkhasiat untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan meregenerasi peredaran darah di dalam tubuh.

5. Membantu sistem pencernaan

Makan gula batu bersama dengan biji adas setelah makan bermanfaat sebagai pengharum mulut dan membantu sistem pencernaan untuk segera memulai proses pencernaan.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular