Erabaru.net. Semakin wanita yang masih sangat muda telah berstatus sebagai orangtua dari anak-anaknya. Mereka yang telah menjadi ayah-ibu ini belum punya pengalaman dalam hal merawat anak, dan kemungkinan karena hal ini bisa membahayakan anaknya.

Beberapa waktu lalu, seorang bayi yang baru genap berusia satu bulan menyebarkan bau tak sedap dar badannya, dan semua ini berhubungan dengan cara penanganan orangtua si anak.

Xiao Yang dan istrinya adalah pasangan muda usia 20-an, sebenarnya mereka tidak begitu gembira dengan kehadiran anak mereka, karena kalahiran anak itu di luar rencana.

Mereka juga tidak sepenuh hati dalam merawat anaknya, setiap hari cukup memberinya ASI, kemudian pakai popok, beres, ini saja.

Sampai ketika anaknya genap berusia satu bulan, dan menyebarkan bau tak sedap dari badannya, mereka pun mulai panik.

Ilustrasi.(Internet)

Mereka segera membawa anaknya ke rumah sakit, dokter yang menangani anaknya mengecam mereka sebagai orangtua yang tidak bertanggung jawab!

Ternyata tali pusar bayi mereka masih menggantung dan terkena air kencing si bayi, ditambah dengan popok yang sering menggesel, sehingga terjadi infeksi, dan samar-samar menyebarkan bau busuk, pasangan muda itu hanya menundukkan kepala mendengar kecaman dokter.

Dalam keadaan normal, tali pusar bayi yang baru lahir akan lepas1 sampai 2 minggu setelah lahir, namun jika belum lepas juga, orangtua perlu memperhatikan kondisi tali pusar bayi, dan tidak perlu khawatir jika tidak ada yang abnormal, namun harus segera ditangani jika bernanah.

Selain itu, tali pusar harus dalam keadaan benar-benar bersih dan dijaga dalam keadaan kering, hindari gesekan dengan baju atau popok.

Ilustrasi. (Internet)

Merawat bayi yang baru lahir memang tidak mudah, apalagi bagi ibu yang belum berpengalaman. Rasa takut dan canggung kadang jadi terlihat sulit, apalagi merawat bagian sensitif seperti tali pusar.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share
Tag: Kategori: BAYI PARENTING

Video Popular

Ad will display in 09 seconds