Erabaru.net. Vitamin B3 juga disebut niasin, yang merupakan vitamin penting yang dapat larut dalam air yang dapat ditemukan di banyak makanan umum, termasuk beberapa jenis daging, jamur, ikan tuna, biji-bijian dan lainnya.

Niasin adalah bagian dari vitamin B kompleks dan vitamin B lainnya, termasuk vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin) dan banyak lagi.

Niasin dianggap sebagai vitamin penting untuk menjaga sistem kardiovaskular dan metabolisme yang sehat dan juga membantu fungsi otak dan mengobati diabetes.

Kasus kekurangan niasin sangat jarang terjadi di beberapa negara maju; namun, pada negara-negara tertentu di mana umum terjadi kasus kurang gizi, maka banyak terdapat penderita kekurangan vitamin B3.

Gejala kekurangan vitamin B3 meliputi gangguan pencernaan, kelelahan, muntah, depresi, nyeri kepala, sering lupa, dan lain-lain.

Untuk mencegah kekurangan niasin, berikut adalah beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B3 tinggi serta manfaatnya.

1. Ayam dan kalkun

Daging ayam dan kalkun yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia adalah sumber niasin yang sangat bagus.

100 gram dada ayam yang dimasak menyediakan 74 persen kebutuhan vitamin B3 yang dianjurkan setiap hari. 100 gram dada kalkun menyediakan 50 persen kebutuhan vitamin B3 yang dianjurkan setiap hari.

2. Ikan

Ikan juga merupakan salah satu sumber vitamin B3 terbaik. Di antara semua ikan, ikan tuna mengandung kadar vitamin B3 yang sangat tinggi, yaitu menyediakan 110 persen kebutuhan vitamin B3 yang dianjurkan setiap hari.

Ikan makarel dan salmon mengandung vitamin B3 serta kaya akan asam lemak omega-3 dan protein.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular