Erabaru.net. Beberapa waktu yang lalu, seorang wanita bernama Wang yang tinggal di Distrik Fengthai, Beijing, Tiongkok, tiba-tiba jatuh pingsan dan nyawanya tal tertolong saat membersihkan kamar mandi dan toilet di rumahnya.

Ketika itu, Wang menuangkan cairan pembersih toilet yang dicampur dengan disinfectant 84-salah satu produk disinfectant lokal.

Tak disangka dia tiba-tiba jatuh pingsan usai membersihkan toilet dan segera dilarikan ke rumah sakit, namun malang nyawanya tak terselamatkan!

Wang didiagnosis keracunan klorin.

Mengapa dua jenis bahan pembersih kloset itu menyebabkan racun yang mematikan setelah tercampur ?

Berikut penjelasannya: Bahan pembersih kloset yang mengandung asam klorida (HCl) , dapat menghasilakn gas klorin ( gas racun) yang sangat berbahaya, sementara desinfektan 84 produk di Tiongkok itu adalah mengandung sodium hipoklorit, jika keduanya dicampur akan menghasilkan klorin yang dapat berakibat fatal jika serius.

Reaksi kimianya seperti berikut : 2HCI + NaCIO = NaCI + CI2 + H2O Gas klorin adalah gas beracun yang meresap ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan dan larut dalam cairan yang terkandung di dalam mukosa/lapisan kulit dalam, menghasilkan asam hidroklorida dan asam klorida, yang menyebabkan kerusakan pada saluran pernapasan bagian atas

Asam klorida merangsang lapisan kulit dalam dan terjadi pembengkakan inflamasi, yang berimbas pada kesulitan bernapas, jadi gejala keracunan klorin yang signifikan adalah terjadinya batuk berat.

Bila gejalanya parah, akan terjadi edema paru, sehingga sirkulasi terganggu dan menyebabkan kematian. Klorin yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran makanan dapat menyebabkan mual, muntah, nyeri dada dan diare.

Dalam kemasan disinfektan 84 terdapat petunjuk pemakaian, dan keterangan tidak boleh dicampur dengan produk pembersih bersifat asam. Namun keterangan terkait tidak disebutkan secara rinci.

Jadi dihimbau sebaiknya lebih hati-hati saat menggunakan bahan pembersih kloset dan sebagainya yang akan dicampur dengan bahan lain.

Jangan sampai terjadi keracunan yang berujung pada kematian seperti di atas. Tapi cara yang paling aman adalah cukup menggunakan satu macam produk pembersih dan di ruang terbuka.

Namun, di supermarket, dua jenis produk pembersih seringkali diletakkan bersamaan, sehingga mudah disalahtafsirkan keduanya bisa digunakan secara bersamaan.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular