- Erabaru - http://m.erabaru.net -

12 Cara Meningkatkan Berat Badan Secara Alami

Erabaru.net. Bagi sebagian besar orang, menurunkan berat badan adalah prioritas paling utama, namun untuk menambah berat badan tentu saja merupakan tantangan tersendiri bagi banyak orang.

Anda mungkin berkeinginan untuk menambah berat tubuh agar tetap bugar dan sehat karena Anda terlalu kurus. Menjadi kurus adalah tidak sehat untuk tubuh.

Adalah salah bila Anda berpikir bahwa menjadi kurus akan membuat Anda terlihat langsing.

Ada efek samping yang menyertai berkurangnya berat badan yaitu rambut rontok, massa otot berkurang, osteoporosis, anemia, ketidakteraturan haid, antara lain.

Ada berbagai alasan lain Anda memiliki badan yang kurus seperti kebiasaan makan yang tidak memadai, jarak makan yang terlalu lama, pilihan makanan yang buruk, gangguan makan seperti nervosa dan bulimia, dan lain-lain.

Sangat perlu untuk memahami cara meningkatkan berat badan yang benar. Cara terbaik untuk menambah berat badan adalah dengan cara alami.

Berikut adalah 12 cara untuk menambah berat badan secara alami di rumah:

[1]

1. Daging merah

Meskipun daging merah mengandung kadar kolesterol yang tinggi, namun sangat efektif untuk menambah berat badan dengan mudah.

Daging mengandung kadar protein dan zat besi yang tinggi, dan beberapa bagian daging mengandung sumber lemak yang baik.

Anda dapat memasak daging merah dengan menggunakan minyak zaitun untuk menambah berat badan.

2. Selai kacang tanah

Selai kacang tanah mengandung protein dan lemak dan merupakan pilihan yang ideal bagi orang yang ingin menambah berat badan secara alami.

Satu sendok teh selai kacang memiliki sekitar 100 kalori. Selai kacang tanah juga mengandung magnesium, asam folat, vitamin B dan vitamin E.

Anda dapat meningkatkan asupan selai kacang dengan mengoleskannya pada sepotong roti dan memakannya saat sarapan pagi.

[2]

3. Susu murni

Susu murni adalah salah satu solusi paling sederhana untuk menambah berat badan secara alami. Segelas susu murni mengandung 60 kalori. Susu juga kaya akan vitamin D dan vitamin A.

4. Buah

Buah tropis mempercepat kenaikkan berat badan. Buah seperti mangga, pisang, pepaya dan nanas mengandung kadar gula alami yang sangat baik untuk menambah berat badan.

Gula alami akan mengisi lambung secara lebih cepat dan memberi energi instan pada tubuh.

[3]

5. Alpukat

Setengah buah alpukat mengandung 140 kalori dan merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin E, asam folat dan kalium. Anda dapat menikmati alpukat pada salad atau smoothies.

6. Roti gandum

Roti gandum memiliki nutrisi untuk menunjang sarapan yang sehat serta menambah kalori. Roti gandum mengandung serat dan mineral yang hilang dalam roti putih.

[4]

7. Mentega

Mentega mengandung kalori yang tinggi. Gunakan mentega sebagai minyak untuk memasak. Karena mentega mengandung lemak jenuh, maka makanlah mentega dalam jumlah terbatas.

Oleskan mentega pada roti gandum untuk dimakan saat sarapan pagi atau sebagai camilan.

8. Minya samin

Gunakan minyak samin secukupnya untuk memasak karena mengandung lemak jenuh.

Minyak samin yang alami mengandung antioksidan dan asam lemak rantai sedang, membantu sistem pencernaan serta bersifat anti-virus dan anti-bakteri.

[5]

9. Kacang

Kacang adalah camilan yang enak. Kacang mengandung lemak dan nutrisi yang baik. Kacang mengandung serat yang akan memberi rasa kenyang lebih lama.

10. Keju

Umumnya, sebagian besar keju adalah sangat tinggi lemak; maka makanlah keju dalam jumlah sedang.

[6]

11. Kentang

Kentang mengandung kadar karbohidrat yang tinggi sehingga akan menambah berat badan lebih cepat. Kentang juga mengandung kadar protein dan serat yang tinggi serta vitamin C.

12. Pisang

Pisang mengandung kalium, karbohidrat dan nutrisi penting lainnya yang akan memberi energi pada tubuh dan tubuh tetap sehat. Pisang mengandung lebih dari 100 kalori, sehingga akan meningkatkan berat badan dengan cepat.(vivi/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.