Erabaru.net. Pernahkah Anda punya kesempatan untuk menemukan spesies hewan yang dikenal sebagai mammoth? Hewan ini keluarga dekat hewan yang saat ini dikenal sebagai gajah Asia. Tidak banyak orang yang tahu keberadaan makhluk luar biasa ini karena hewan ini sudah punah sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Penggalian arkeologi menemukan kalau hewan ini tampaknya sangat mirip dengan gajah yang ada saat ini, dengan pengecualian kalau mammoth memiliki kulit berbulu tebal dan memiliki gading yang besar rata-rata sepanjang 2,5 meter.

Taring mereka terbuat dari gading seperti gajah di dunia kita saat ini.

Sebagian besar tulang dan gading mammoth yang ditemukan di zaman ini berada dalam kondisi bersih karena terpelihara di bawah area yang memiliki iklim yang lebih dingin tempat mereka biasa tinggal seperti di Siberia saat ini.

Karena gading dan tulang spesies ini bertahan lama, banyak penduduk wilayah Siberia, terutama mereka yang tinggal di daerah pesisir, telah mengambil kesempatan untuk mencari dan mengumpulkan gading gading raksasa dan tulang belulangnya.

Spesies leluhur gajah modern yang dikenal sebagai mammoth ini telah punah sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Gading-gading besar dari mammoth ini dikatakan jauh lebih besar daripada gading gajah Afrika yang ada saat ini.


Meskipun spesies ini telah punah ribuan tahun yang lalu, gading-gading berharga mereka masih dalam kondisi bersih.

Keadaan mereka berubah ketika orang asing berpikir bahwa mereka bisa mencoba keberuntungan mereka menemukan barang-barang berharga ini. Mereka datang ke daerah itu sekitar tahun 80 an dan awal tahun 90an.

Para penduduk setempat mengandalkan pencarian taring dan tulang spesies ini untuk mendapatkan kekayaan.

Ketika suhu global dunia meningkat dalam beberapa dekade terakhir, banyak tanah membeku di Siberia meleleh.

Hal ini menyebabkan lebih banyak taring dan tulang mammoth muncul ke permukaan.
Banyak penduduk yang meninggalkan pekerjaan mereka dan memilih untuk mencari bangkai mammoth.

Ini jauh lebih menguntungkan dan karena suhu tanah yang membeku perlahan meningkat, pencarian mereka menjadi agak mudah.

Taring gading wol mammoth yang telah terpelihara di bawah banyak lapisan tanah beku ini dikatakan memiliki khasiat obat.

Kegiatan penggalian lokal telah menyebabkan penurunan tingkat kemiskinan secara keseluruhan.

Gading juga bisa diukir agar bisa menghasilkan karya seni dengan nilai tinggi dan ada bukti bahwa hal ini dilakukan pada era peradaban Romawi.

Taring mammoth jauh lebih besar daripada gajah saat ini sehingga gading-gading ini akan dihargai lebih tinggi di pasaran.


Hal ini tidak mengherankan kalau gading tersebut dijual dengan harga selangit! Tidak hanya terlihat bagus dan bertahan lama, gading itu juga hadir dengan sejarahnya sendiri.(iin/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular