Erabaru.net. Lintah bulan dapat ditemukan di mana-mana, di darat atau di laut, atau mungkin di kamar mandi rumah Anda. Ya, jangan heran jika Anda ‘menjumpai’ dengan kehidupan kecil ini.

Lintah yang biasa ditemukan pada hari itu berwarna hitam atau mungkin berwarna coklat tapi berbeda dengan yang satu ini, warnanya cantik dan ukurannya juga lebih besar.

Jika Anda pernah ke Gunung Kaputar, gunung berapi yang telah tidak aktif di New South Wales, Australia, Anda mungkin beruntung jika Anda menemukan sejenis lintah bulan berukuran besar ini. Apa yang istimewa, lintah bulan di sana berwarna merah muda!

(Foto Michael Murphy / NPWS)

Salah satu petualang di Taman Nasional dan Satwa Liar Australia, Michael Murphy, mengatakan bahwa kehidupan aneh itu sebenarnya memiliki spesies yang berbeda yang dikenal sebagai Athorcophoridae.

“Penelitian terbaru tentang morfologi dan genetika yang dilakukan oleh seorang peneliti menemukan bahwa lintah bulan Kaputar adalah spesies unik yang hanya ditemukan di Gunung Kaputar, Australia,” kata Murphy.

(Foto Michael Murphy / NPWS)

Di dataran tinggi, spesies ini bisa tumbuh hingga sekitar 20 cm.

Murphy mengatakan, terkadang ratusan lintah bulan ini bisa terlihat turun dari pepohonan di pagi hari setelah turun hujan.

(Foto Michael Murphy / NPWS)
(Foto : K J Lowe / ABC.net.au)

Mengapa mereka berwarna merah muda cerah?

Menurut Murphy sejauh ini hanya ada satu alasan mengapa lintahbulan ini berwarna merah muda karena evolusinya.

Letusan gunung berapi yang terjadi sekitar 17 juta tahun yang lalu di Gunung Kaputar membuat tanah seluas sekitar sepuluh kilometer persegi itu menjadi lembab dan subur. Perubahan ini mengakibatkan flora dan fauna di Gunung Kaputar berbeda dengan spesies mereka yang lain.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Share

Video Popular