Erabaru.net. Akibat perubahan cuaca yang tidak menentu, ditambah paparan sinar matahari sehari sebelumnya, keesokannya pun diserang pilek dan batuk, namun, banyak orang yang mengabaikan kedua gejala (penyakit) ini, dan membiarkannya, akibatnya masa pengobatan pun dilewatkan.

Batuk adalah salah satu gejala yang sangat menjengkelkan, membuat orang merasa sangat tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi di malam hari, batuk tidak hanya memengaruhi tubuh, tapi juga secara drastis menurunkan kualitas tidur.

Batuk pada siang maupun malam hari benar-benar membuat orang tersiksa. Bila sudah demikian, banyak orang yang memilih membeli sirup obat batuk untuk meringankan gejala batuk. Sirup batuk memang memiliki efek tertentu meringankan gejala batuk, tapi juga memiliki efek samping tertentu.

Sebagian besar sirup obat batuk mengandung kodeina atau kodein dan dekstrometorfan, kedua komposisi ini dapat menaha sinyal “batuk” yang dikirim ke otak.

Namun, kedua komposisi ini juga bisa memicu beberapa efek samping, seperti: Ngantuk, sakit kepala dan denyut jantung meningkat dan gejala lainnya.

Untungnya, ada semacam makanan sehat dan alami yang dapat membantu meredakan batuk, yaitu madu.

Pada kesempatan ini, redaksi akan beberkan cara membuat kompres madu pereda batuk..

Cara membuat kompres madu :

Madu telah diketahui manfaatnya bagi kesehatan terutama untuk mengatasi batuk dan flu karena sifat anti bakteri yang tinggi.

Jadi tidak mengherankan bila madu disebut-sebut sebagai obat yang mujarab menyembuhkan batuk berdahak hingga akhirnya populer di dunia maya.

Kompres madu ini mudah dibuat sendiri di rumah dan efektif meredakan batuk kronis dan melenyapkan lendir di paru-paru.

Kompres ini bekerja sangat baik pada anak-anak karena dipercaya memiliki zat anti-inflamasi dan bersifat menghangatkan. Kompres madu ini dapat digunakan orang dewasa maupun anak-anak.

Cara membuatnya juga sangat sederhana, namun, sebelumnya siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan seperti berikut ini :

  • Madu, tepung, minyak zaitun/sayur, kain kasa, plester, dan kain.
  • Campur secukupnya tepung dengan sedikit madu, aduk merata hingga membentuk adonan.
  • Setelah itu tambahkan lagi sedikit minyak dan gulingkan campuran tersebut ke dalam tepung lagi.
  • Tempatkan campuran tersebut di atas kain bersih dan bungkus dengan kasa. Setelah siap, cukup tempelkan kompres madu itu di dada anak dengan menggunakan plester.

Catatan :

Kompres madu buatan sendiri itu harus ditempatkan di atas jantung anak (Lihat gambar).

Untuk hasil terbaik, sebaiknya jangan ditempel sepanjang malam. Kompres madu dapat dilepas setelah 2 – 3 jam. Tempelkan kompres madu menjelang anak tidur.

Sedangkan untuk orang dewasa dapat menggunakan kompres madu sepanjang malam.

Hati-hati saat menempelkan plester madu ini, jangan sampai plesternya lepas, kalau tidak kasur anak Anda akan menjadi taruhannya.

Namun, jangan lupa untuk selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak apalagi jika mau memberikan kompres madu ini pada bayi.

Khasiat kompres madu ini bervariasi tergantung fisik individu masing-masing. Ada orang yang sekali pakai langsung terbukti ampuh hasilnya, sebaliknya ada yang belum tampak hasilnya dalam sekali pakai.

Namun. Anda dapat menggunakannya secara terus menerus sampai batuknya lenyap dan pulih. Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping dari metode ini, karena ramuannya bersifat alami dan aman digunakan. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh ! (jhn/yant)

Sumber: life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular