ErabaruNews – Pihak berwenang di Amerika Serikat memperingatkan orang-orang untuk tidak menggunakan ganja sintetis. Sebab, narkoba jenis baru itu dicampur dengan bahan kimia berbahaya.

Departemen Kesehatan Illinois mengatakan sejumlah kasus yang mengganggu baru-baru ini muncul di mana pengguna menderita ‘pendarahan parah’.

“Meskipun persepsi bahwa cannabinoids sintetis aman dan alternatif hukum untuk ganja, banyak yang ilegal dan dapat menyebabkan penyakit parah,” kata direktur departemen, Nirav D. Shah dalam sebuah pernyataan.

“Baru-baru ini kasus perdarahan hebat adalah bukti bahaya cannabinoids sintetis sangat berbahaya,” sambungnya.

Pernyataan awal mengatakan enam laporan telah masuk, tetapi The Chicago Tribune melaporkan bahwa jumlah kasus yang melibatkan pendarahan parah telah melonjak menjadi 32 orang, sementara NBC melaporkan 38 kasus.

Semua kasus terjadi dalam beberapa minggu terakhir. Gejala yang dialami oleh korban termasuk pendarahan dari mata dan/atau telinga, batuk darah, hidung berdarah, dan gusi berdarah.

Shah mencatat kanabinoid sintetis dalam ganja bukanlah satu obat tetapi ratusan bahan kimia yang berbeda. Mereka hanya berada atau dikategorikan di bawah nama yang sama sebagai bahan aktif dalam ganja asli, karena bahan kimia bertindak pada reseptor sel otak yang sama sebagai bahan aktif utama dalam ganja asli.

Video Pilihan :

“Dampak kesehatan dari menggunakan cannabinoids sintetis termasuk tidak dapat diprediksi dan berbahaya, bahkan mengancam jiwa,” kata departemen itu.

Shah mengatakan kepada NBC bahwa kadang-kadang bahan kimia yang menggunakan zat tersebut termasuk racun tikus.

Pusat Pengendalian Penyakit federal mencatat bahwa mariyuana sintetis sering dijual pada minimarket atau toko online, tergantung pada daerahnya. Produk mirip bumbu dapur itu tetap dijual meskipun ada larangan federal pada sebagian besar produk dan larangan lokal atau negara bagian.

Produsen sering sedikit mengubah bahan dan nama-nama ketika produk mereka dipasarkan. Nama-nama merek termasuk K2, Spice, dan Kronic.

Meskipun pemerintah telah mengeluarkan peringatan sebelumnya, para ahli kesehatan mengatakan pendarahan parah belum pernah muncul sebagai efek samping dari penggunaan obat sintetis.

“Pendarahan ini belum pernah terjadi sebelumnya, setidaknya dalam populasi yang signifikan dan menyebar begitu cepat,” kata Dr Melissa Millewich, seorang dokter ruang gawat darurat di Rumah Sakit Advocate Good Samaritan di Downers Grove. (Zachary Stieber/NTD.tv/waa)

Share

Video Popular