Erabaru.net. Musik memainkan peran penting dalam pertumbuhan anak. Sejak masa balita, ia akan merespon positif terhadap musik – lagu yang lembut dapat membantu anak-anak tidur dengan nyenyak, juga dapat membantu mereka belajar bahasa dan pengetahuan, tentu saja, akan membawa banyak kesenangan.

Pengaruh musik pada keseharian anak-anak berkebutuhan khusus itu sangat besar dampaknya.

Musik adalah terapi dan metode pengajaran yang baik terhadap anak-anak yang bermasalah dengan komunikasi.

Ketika pianis dan komposer Paul Nordoff tur keliling, dia sangat tersentuh saat melihat guru Clive Robbins mengajar anak didiknya. Kemudian mereka bekerjasama mendirikan pusat terapi musik Nordoff-Robbins yang terkenal di dunia.

Situs web dari pusat terapi musik tersebut menggambarkannya seperti ini :

“Musik adalah bagian dari kehidupan kita: Detak jantung, pernapasan, dan gerakan kita disertai dengan denyut dan irama; ada melodi dalam tawa, tangis, teriakan, atau bernyanyi kita ; ritme dan harmoni berbagai gaya musik itu cukup untuk menampung semua emosi kita”.

“Cacat atau penyakit tidak dapat memisahkan resonansi musik dengan manusia, dan orang-orang dapat menghasilkan resonansi semacam ini tanpa perlu pelatihan musik atau latar belakang profesional”.

Dalam video keluarga hangat yang viral di media sosial baru-baru ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh kekuatan musik itu.

Amy Bowman Gray memiliki lima anak. Di antaranya Bo Gray, putranya yang berusia 2 tahun ini menderita sindrom Down. Kosakata yang dapat ia ucapkan sangat terbatas, dan belajar kata-kata baru juga sangat sulit baginya.

“Bo berusia 25 bulan dan memiliki 12 kosa kata. Setiap kata yang telah dia pelajari melalui musik dan nyanyian”. Tulis Gray di facebooknya.

Amanda Bowman Gray, memosting video bersenandung yang sekarang menjadi viral di halaman Facebook-nya pada 16 Januari lalu dengan pesan inspiratif tentang manfaat terapi musik.

“Putriku Lydia sedang memperhatikan Bo saat aku ke kamar mandi. Kemudian aku melihat Bo tampak sangat senang sambil bersenandung bersama sang kakak.”Tulisnya.

“Jika dia tidak memiliki gitar, saya tidak tahu apakah dia akan tahu bagaimana mengasuhnya? Di sinilah musik itu dibutuhkan, dan ini adalah bukti bahwa terapi musik bekerja.”

Lydia sangat piawai memetik gitarnya sambil bersenandung, dia menjaga adiknya.sambil melantunkan lagu “You Are My Sunshine”.

Yang mengejutkan Amanda, putranya Bo yang tidak bisa berbicara sama sekali, tahu beberapa kata dalam lirik, dan bisa mengucapkan kata-kata di bawah instruksi kakaknya.

Lydia akan meninggalkan suku kata terakhir dari lirik (lagu) yang dinyanyikannya, membiarkan adiknya menyelesaikan nyanyian itu.

” You make me ha….Ppy …”

” When skies are… Gray!” Sambung si kecil Bo

Musik telah membawa mukjizat bagi pembelajaran bahasa Bo. Dengan tidak adanya metode pengajaran lainnya yang efektif, Lydia selalu menggunakan cara ini untuk membantu adiknya meningkatkan kosakata.

“Setiap kata yang dia kuasai dipelajari melalui musik dan nyanyian. Ini adalah bukti efektivitas terapi musik.” Tulis Gray di akun fecebooknya.

Selain efek dari kekuatan musik, film yang hangat menyentuh, kekuatan kasih sayang dari sang kakak Lydia juga terbukti efektif.

Selama bersenandung sambil memetik gitarnya, Lydia juga tampak sabar dan penuh perhatian terhadap Bo Gray, adik laki-lakinya.

Dia selalu menyemangati Bo untuk berpartisipasi dan menyarankannya agar mencari kosakata yang cocok untuk dinyanyikan.

Pada saat seperti itu, sinar mentari pun memenuhi seisi keluarga Amanda, seorang anak lain yang seakan ditarik untuk ikut bernyanyi bersamanya.

Hanya dalam tempo 4 hari, video yang diunggahnya ke media sosial hampir ditonton 50 juta netizen, tapi mengapa banyak orang yang menyukainya ? Kamu akan tahu setelah menyaksian videonya. (Rpg)

Share

Video Popular