Erabaru.net. Apa itu pendidikan? Pertama yang terlintas dalam pikiran orang-orang adalah sekolah, belajar. Pada umumnya, orangtua bergantung sepenuhnya pada sekolah dan guru dalam hal pendidikan.

Meski pendidikan di sekolah itu penting, dan dianggap sebagai sarana untuk menyebarluaskan dan mempelajari peradaban manusia, tetapi kekuatan sebenarnya pendidikan adalah pendidikan keluarga

Walaupun Anda mungkin tidak banyak mengecap pendidikan, namun, Anda dapat belajar dari pengalaman hidup sehari-hari dan mempraktikannya, bahkan mendidik anak-anak Anda, agar mereka dapat belajar bagaimana mengatasi kesulitan hidup.

Yang penting adalah biarkan anak anda untuk mencobanya atau mempraktikan secara nyata.

Meskipun ibu dalam video ini tidak pernah mengecap pendidikan, satu-satunya hal yang dapat dilakukannya adalah menunjukkan secara langsung agar putrinya bisa belajar darinya.

Suatu hari dia melihat putrinya ingin makan es lilin, kemudian dia membuat es lilin dari buah nanas untuk putrinya. Putrinya merasa es lilin nanas buatan ibunya itu sangat enak dan terlintas dalam benaknya untuk menjual es lilin.

Ibunya pun membiarkan putrinya untuk mencobanya. Sayangnya, es lilinnya tidak ada yang membeli satu pun sepanjang hari. Dia pun kecewa dan bertanya pada ibunya.

Ibunya kemudian menyuruhnya ke pasar untuk melihat bagaimana para pedagang menjual dagangannya.

Dengan cara seperti itu, putrinya belajar dari pengalaman dan praktik langsung di lapangan. Es lilin rasa nanasnya pun laris manis.

Sebenarnya sang ibu selalu mengamatinya dari jauh saat dia menjajakan es lilin nanasnya, tetapi dia tidak akan membantu putrinya berjualan. Dia hanya akan membimbing saat putrinya mengeluh ketika dia pulang ke rumah.

Karena itu, putrinya mulai mengerti bagaimana menghadapi dan mengatasi kesulitan.

Pada sesi akhir video, ibunya berkata, “Ketika saya tidak lagi berada di sisinya, saya tahu dia dapat melanjutkan hidupnya dengan baik.”

Selain mengungkapkan kebanggaannya pada putrinya, dia juga mengungkapkan cinta dan kasih sayang seorang ibu.

Iklan layanan masyarakat Thailand ini diadopsi dari sebuah kisah nyata, gadis dalam video itu bernama Achar, ia mendapatkan beasiswa Sarnrak setelah tumbuh besar, dan menyelesaikan gelar sarjananya pada tahun 2013. (jhn/rpg)

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: VIDEO

Video Popular