Erabaru.net. Seorang guru SD harus meninggalkan murid-muridnya tempat dia mengajar hanya gara-gara pilihan saat Pilkada di Jawa Barat. Ibu guru ini saat mencoblos memilih untuk Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum ditanggapi berbeda hingga mengundang pemecatan.

Namanya Rabiatul Adawiyah. Dia mengajar di SDIT Darul Maza, Bekasi, Jawa Barat. Kabar pemecatan ini tersebar luas di media sosial dan menjadi viral.

Pemecatan ini bermula dari percakapan di grup WhatsApp dilihat dari screenshoot yang disebarkan oleh Andriyanto Putra Valora, suami dari Rabiatul Adawiyah.

Percakapan yang beredar diawali ucapan selamat dari rekannya setelah paslon yang dicoblos menang Pilkada. Sontak saja direspon rekan lainnya dengan menyebutkan keganjilan atas pilihan Rabiatul Adawiyah saat mencoblos.

Screenshot yang beredar mempertanyakan adanya pilihan berbeda. Pasalnya, disebutkan bahwa pihak Yayasan telah memiliki arahan yang jelas untuk mencoblos pasangan calon tertentu saat Pilwakot Bekasi dan Pilgub Jawa Barat.

Kabar ini awalnya tersebut diposting oleh akun facebook Agus Kurnia Kamis (28/06/2018).

“Seorang guru SDIT Darul Maza Bekasi diberhentikan dengan tidak hormat hanya lewat wa group karena memilih pasangan Ridwan Kamil dan UU untuk jabar 1,” posting Agus.

Guru SD Dipecat gara-gara dukung Ridwan Kamil (Foto : Liputan6.com)

“Sungguh sebuah penghinaan bagi kami, seorang Guru SDIT diberhentikan karena masalah Beda Pilihan dalam PILKADA, miris, dunia Pendidikan dicampurtangankan oleh kepentingan POLITIK oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” tulisnya disertai bukti screenshot obrolan WA.

Sejumlah media pun menyambangi kediaman Rabiatul Adawiyah di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Ia pun membenarkan adanya pemecatan tersebut hanya gara-gara beda pilihan dengan pihak yayasan.

Setelah viral di medsos, ternyata pihak Yayasan pun menyambangi kediaman Rabiatul Adawiyah. Pada kesempatan itu kedua pihak akhirnya memilih berdamai, Rabiatul Adawiyah memaafkan apa yang terjadi dan berharap tak menimbulkan masalah baru.

Tanggapan Kang Emil

Ridwan Kamil memberikan tanggapannya atas kejadian ini. Saat merespon, mantan Walikota Bandung yang kerap disapa Kang Emil mengucapkan terima kasih atas pilihan ibu guru SD ini.

Kang Emil menyatakan akan menjadikannya sebagai penyemangat dalam menjalankan amanahnya saat memimpin di Kursi 1 Pemerintahan Jawa Barat. Kang Emil menyatakan akan mencarikan kembali kepada dia pekerjaan.

Berikut tanggapan Kang Emil di akun Instagramnya :

“Ibu Rabiatul Adawiyah, warga Jati Asih Bekasi, saya menghaturkan terima kasih karena hati nurani dan jari ibu sudah memilih saya kemarin.

Tanpa diduga Konsekuensinya ternyata ibu diberhentikan oleh sekolah tempat ibu mengajar hanya dengan via WA, hanya karena beda coblosan dengan arahan sekolah.

Sabaaar ya bu. Di Setiap cobaan hidup, selalu hadir juga pertolongan Allah. Di setiap kesulitan selalu ada kemudahan. Ibu juga orang baik karena sudah memaafkan mereka yang melanggar hak asasi ibu . Ahlak Ibu lah yang akan selalu kami jadikan contoh dan teladan.

Insya Allah nanti saya sepenuh hati bantu untuk mencarikan ibu pekerjaan di tempat yang ibu nyaman lahir batin. Hatur nuhun pisan untuk pengorbanannya.

Cerita Ibu ini tidak akan pernah saya lupakan. Dan menjadi penyemangat agar saya selalu amanah dan menjaga kepercayaan mereka yang berkorban untuk keyakinannya menitipkan mimpinya kepada saya.

Hatur Nuhun,” tulis Kang Emil, Jumat (29/6/2018) sore. (asr)

Share

Video Popular