New York – Seseorang wanita mencoba memanjat Patung Liberty, di New York Amerika Serikat. Sebelum memanjat Patung Liberty, wanita itu turut serta dalam aksi protes pada Hari Kemerdekaan Amerika Serikat.

Video rekaman yang diambil dari helikopter menunjukkan wanita itu bergerak di dekat kaki patung. Dia pun berhasil memanjat hingga bagian bawah jubah patung. Setelah mengetahui aksi itu, polisi berusaha membujuk wanita itu untuk turun.

Menurut Pix11, dua petugas menggunakan tangga untuk memanjat patung dan berbicara dengan wanita itu.

Wanita itu memanjat patung kurang dari satu jam setelah pengunjuk rasa di Ellis Island membentangkan spanduk dengan kata-kata, “ABOLISH ICE,”. Spanduk itu mengacu pada badan Imigrasi dan Bea Cukai AS (ICE), seperti dikutip dari NY Post. Demonstran menuntut penghentian pemisahan anak imigran gelap yang ditangkap di perbatasan dengan Meksiko.

Wanita itu pun mengenakan kemeja ‘Rise and Resist’. Namun, kelompok demonstrasi itu mengatakan bahwa, “Dia tidak ada koneksi dengan aksi #abolishice kami hari ini.”

Seorang wanita yang mengunjungi Patung Liberty ketika insiden itu terjadi menuturkan, pulau itu akhirnya dievakuasi dari semua turis.

CBS News, mengutip pernyataan dari polisi taman, kemudian menegaskan bahwa Pulau Liberty dievakuasi. Sersan David Somma dari Polisi Taman AS mengatakan kepada situs berita itu bahwa wanita itu sempat menolak untuk turun.

“Dia terus mengubah lokasinya dan petugas tidak dapat berbicara dengannya. Tindakannya adalah ancaman terhadap keselamatan publik,” ujar Sersan David Somma.

“Adegan gila di Patung Liberty saat ini. Seorang wanita ‘demonstran’ mengelilingi sisi monumen,” tulis seorang pengguna Twitter lainnya.

Wanita itu akhirnya berhasil dibujuk untuk turun dari patung Liberty. Dia dievakuasi oleh dua petugas yang memanjat menggunakan tali dan alat pengaman panjat tebing. (Jack Phillips/The Epoch Times)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular