Bratislava — Slowakia menyetujui kesepakatan senilai 1,9 miliar dolar AS untuk membeli 14 jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat. Pesawat baru akan digunakan untuk menggantikan MiG-29 buatan Rusia yang sudah tua. Kementerian pertahanan Slovakia mengatakan pada hari Rabu (11/7/2018) lalu.

Slowakia memilih F-16 baru yang dibuat oleh Lockheed Martin melalui jet Gripen Swedia yang diproduksi oleh Saab. Mereka menyebut F16 lebih modern dan lebih maju, menurut analisis yang diterbitkan sebelum keputusan dikeluarkan.

“Kami memilih solusi terbaik karena mereka adalah mesin modern, yang dari sudut pandang harga, kualitas dan kemampuan yang kami mampu, tidak memiliki persaingan,” kata Menteri Pertahanan Peter Gajdos dalam sebuah pernyataan.

Anggota NATO itu berencana untuk menghabiskan sekitar 6,5 miliar euro (7,6 miliar dolar AS) hingga tahun 2030 untuk memodernisasi militernya. Mereka juga ingin mengurangi ketergantungannya pada peralatan Rusia, tetapi masih memiliki kontrak pemeliharaan dengan Rusia untuk 12 MiG-29s hingga musim gugur 2019.

Berdasarkan kontrak, yang bernilai 20 juta hingga 50 juta euro setahun, lusinan teknisi Rusia bermarkas di pangkalan militer Slovakia. Pengaturan itu mungkin harus diperpanjang karena pengiriman F-16 pertama akan memakan waktu hingga 36 bulan sejak penandatanganan kontrak.

“Slowakia juga dapat meminta salah satu negara tetangganya, yang juga sekutu NATO-nya, untuk membantu melindungi wilayah udaranya,” Perdana Menteri Peter Pellegrini mengatakan.

“Slowakia akan membayar 1,589 miliar euro untuk 14 jet tempur, pelatihan pilot, amunisi dan dukungan logistik selama dua tahun,” kata Pellegrini kepada wartawan.

Sementara itu Menteri Keuangan Peter Kazimir mengatakan, kontrak dengan Lockheed Martin akan ditandatangani pada akhir tahun ini. Slovakia tengah dalam pembicaraan dengan pembuat Gripen Saab selama bertahun-tahun, sebelum Gajdos menunda diskusi dan mengundang penawar lain.

Hal itu memicu kecaman dari mitra koalisi pemerintah yang menunda penutupan perjanjian akan memperpanjang ketergantungan Slowakia pada Rusia.

Di antara tetangga Eropa tengah, Hongaria dan Republik Ceko telah lebih dulu mengoperasikan Gripens. Polandia menerbangkan sejumlah besar atau sebanyak 48 pesawat F-16. Namun, mereka juga menggunakan sekitar 30 MiG 29. Pengeluaran pertahanan Slowakia akan meningkat dari 1,2 persen dari produk domestik bruto tahun ini menjadi 1,6 persen pada 2020 dan 2,0 persen pada 2024.

Anggota NATO telah setuju untuk menghabiskan 2 persen dari produk domestik bruto mereka untuk memperkuat pertahanan pada 2024. Presiden AS Donald Trump, yang berada di Brussels untuk KTT NATO pada hari Rabu, telah mengkritik anggota yang tidak memenuhi komitmen itu. (Reuters/The Epoch Times/waa)

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular