Erabaru.net. Johan Budi Sapto Prabowo yang kini masih menjabat sebagai Juru Bicara Kepresidenan menatap untuk maju menjadi calon legislatif pada pemilu 2019.

Johan mencalonkan melalui Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Ia dicalonkan untuk daerah pemilihan Jawa Timur VII yang meliputi Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek.

Johan sebetulnya bukan kader PDI-P. Dia selama ini dikenal sebagai orang yang kerap berkaitan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sosok Johan memang sudah lama berkarir di KPK. Dia sudah lama dikenal sebagai juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 2006-2014.

Pria kelahiran Mojokerto, Jawa Timur ini merupakan alumnus dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia 1992.

Dia sempat bekerja di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi di Lembaga Minyak dan Gas Bumi (1992–1996).

Meninggalkan dunia migas, Johan selanjutnya menggeluti dunia jurnalistik hingga menjabat sebagai editor.  Dia pun sempat menjadi dosen di Universitas Indonusa Esa Unggul selama satu tahun.

Setelah sembilan tahun meniti sebagai Juru Bicara KPK, pada 2015 dia menjabat sebagai Plt Pimpinan KPK. Dia selanjutnya lolos seleksi untuk diajukan kepada DPR-RI sebagai calon pimpinan KPK RI. Namun demikian, tak lolos dalam voting yang ditentukan oleh anggota Komisi III DPR RI.

Selanjutnya pada 2016 dia diangakt sebagai Staf Khusus Presiden sebagai Juru Bicara Kepresidenan. (asr)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds