London – Salah satu pilot perempuan Perang Dunia II yang masih hidup hingga akhir-akhir ini, Mary Ellis, meninggal dunia pada usia 101. Ellis adalah anggota dari Bantuan Transportasi Udara Inggris (ATA) selama perang, dia bertugas mendistribusikan pesawat tempur dan pesawat bomber ke garis depan.

Ellis mengatakan dalam pengakuannya, bahwa dia telah menerbangkan sekitar 1.000 pesawat selama perang, termasuk favoritnya, ‘Spitfire’. Seperti dilaporkan oleh BBC.

Dia bergabung dengan ATA pada tahun 1941 setelah mendengar iklan untuk pilot wanita yang disiarkan di Radio BBC. Dia belajar terbang di klub terbang dekat rumahnya di Brize Norton di Oxfordshire, seperti dilansir Telegraph.

Setelah sempat bertani di dekat kampung halamannya, Ellis kemudian pindah ke Isle of Wight dan mengelola Bandara Sandown di sana.

Dia meninggal di rumahnya di sebuah pulau. Sekretaris ATA, John Webster mengatakan Ellis adalah orang yang luar biasa.

Dia mencatat bahwa tiga pilot Perang Dunia II kini masih hidup. Mereka adalah Eleanor Wadsworth di Inggris, Nancy Stratford di Amerika Serikat, dan Jaye Edwards di Kanada. (Zachary Stieber/NTD.tv/waa)

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular