Erabaru.net. Semakin tua usia Bumi, semakin banyak orang yang melakukan kejahatan kecil atau ringan dan sehingga terpaksa untuk meringkuk di penjara. Dan kita selama ini mendapat gambaran bahwa penjara adalah tempat yang paling mengerikan untuk hidup. Bahkan ada penjara di mana untuk tidur dan buang kotoran jadi satu.

Tapi tahukah Anda, tidak semua penjara di dunia adalah tempat yang mengerikan, hanya melibatkan kamar kecil, jaruji besi dan tempat tidur keras. Ada juga penjara yang menyediakan fasilitas tertentu untuk tahanan mereka seperti akses ke peralatan musik, permainan video dan untuk menyediakan kertas toilet untuk penggunaan pribadi mereka.

Artikel ini akan mengungkapkan berbagai penjara di seluruh dunia yang menawarkan layanan tertentu kepada para tahanan.

# 1. Penjara Aranjuez, Spanyol

(Foto: Associated Press, usatoday30)

Penjara ini memungkinkan pasangan dan anak-anak ke tahanan untuk tinggal bersama anggota keluarga mereka yang berada dalam tahanan. Dengan dekorasi dinding bertema Disney, fasilitas taman kanak-kanak dan taman, tujuan dari penjara adalah untuk mencegah anak-anak kecil mengetahui bahwa orangtua mereka sebenarnya berada di penjara.

# 2. Penjara Bastøy, Horten, Norwegia

(Foto: Marco Di Lauro,Bastøy prison)

Penjara ini adalah penjara paling minim control kemanannya di Norwegia. Terletak di Kepulauan Bastøy di Oslo Fiord, penjara menggunakan seluruh area pulau untuk menempatkan para tahanan.

Penjara juga menyediakan komunitas kecil dengan 80 bangunan, jalan, zona pantai, lanskap budaya, lapangan sepak bola, ladang dan bahkan hutan. Selain melayani sebagai penjara, daerah ini juga memiliki toko, perpustakaan, pusat kesehatan, gereja, sekolah dan sebagainya di mana penghuninya adalah pembunuh dan pemerkosa.

# 3. Penjara Luzira, Kampala, Uganda

(Foto : NTVUganda, Wikipedia)

Di Luzira, Uganda, semua narapidana dituntut dengan nilai pertanggungjawaban untuk menjaga keharmonisan di samping diarahkan untuk bertani dan menyiapkan makanan bersama.

Mereka juga mendorong sesama tahanan untuk mempelajari berbagai keterampilan seperti pertukangan kayu.

# 4. Penjara Wanita di San Diego, Cartagena, Kolombia

(Foto: Jan Banning, foxnews)

Para tahanan wanita dapat menikmati waktu malam yang menyenangkan di Interno, sebuah restoran di penjara dengan seorang juru masak, seorang pelayan dan sebuah mesin pencuci piring.

Dari hampir 180 narapidana, total 25 dari mereka yang dibebaskan akan dipilih untuk bergabung dengan program ini dengan harapan memudahkan proses ketika mereka keluar dari penjara kelak. Sebagian besar tahanan perempuan di sini dipenjara karena mencuri, perdagangan obat bius dan pemerasan.

# 5. Penjara Halden, Norwegia

(Foto: Knut Egil Wang, The New York Times)

Penjara Halden memiliki tingkat keamanan tertinggi di Norwegia. Ini terdiri dari tiga unit dan menempatkan banyak tahanan dari seluruh dunia. Penjara terbesar kedua di Norwegia didirikan pada tahun 2010 dengan berfokus pada proses pemulihan.

Dengan menyediakan berbagai kegiatan olahraga dan membolehkan tahanan untuk menikmati akses musik selain berinteraksi dengan sipir tak bersenjata, tahanan di Penjara Halden ini dapat menikmati kehidupan seperti di dunia luar.

# 6. Penjara Norgerhaven, Veenhuizen, Belanda

(Foto : ANP,Norwegian Correctional Service)

Kehidupan tahanan di penjara ini cukup nyaman mengingat kenyamanan tempat tidur, perabotan, kulkas, televisi dan kamar mandi. Namun, tingkat kejahatan di Belanda sangat rendah dan dengan demikian membuat penjara mengalami ‘kekosongan’.

Dengan demikian, pada tahun 2015, penjara telah mencapai kesepakatan dengan Norwegia untuk mengirim tahanan dari Norwegia untuk dipenjara di ini.

# 7. Penjara Onomichi, Jepang

(Foto: Prison Photography, Washington Post)

Di Jepang, penjara ini menempatkan tahanan yang sudah tua. Oleh karena itu, mereka memiliki akses ke kemudahan tongkat, makanan lunak dan mudah dicerna selain menghabiskan waktu mereka dengan menjahit dan merajut.

# 8. Penjara Otago, Milburn, Selandia Baru

(Foto: Stephen Jaquiery, Otago Daily Times)

Penjara itu juga mendapat gelar ‘Milton Hilton’ karena menyediakan ruang eksklusif dan mewah bagi para tahanan. Kamar ini lebih mirip kamar remaja dan membuat tahanan lebih terbuka untuk menjadi anggota komunitas.

# 9. HMP Penjara Addiewell, Lothian, Skotlandia

(Foto: Lorenzo Dalberto, hmpaddiewell)

HMP Addiewell adalah penjara yang dibentuk untuk mendidik tahanan. Di antara kegiatan yang disediakan adalah konseling, bekerja dan belajar. Bahkan, tahanan juga diperbolehkan menghubungi keluarga mereka dan itu penting sebagai salah satu proses perbaikan diri.

# 10. Penjara Champ-Dollon, Jenewa, Swiss

(Foto: swissinfo)

Dibuka pada tahun 1977, fungsi utama penjara adalah menahan tahanan sebelum dihukum dan dijatuhi hukuman. Namun, karena perlindungan dan peningkatan kasus kriminal, penjara ini mengalami kelebihan penghuni yang kronis.

Pada tahun 2010 saja, 115 kewarganegaraan telah dimasukkan ke penjara ini dengan hanya 7,2% dari mereka tahanan dari Swiss.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

ch?v=KCovilFoqH0

Share

Video Popular