Erabaru.net. Banyak pekerjaan yang ada saat ini tidak ada dalam 10, 20, atau 30 tahun yang lalu – seperti analis media sosial, pengembang aplikasi, dan banyak lagi. Jadi apa yang terjadi pada semua pekerjaan yang ada di masa lalu?

Hilangnya sebagian besar pekerjaan ini dapat dikaitkan dengan kemajuan teknologi. Semakin kita bergerak maju, semakin banyak pekerjaan yang telah diubah untuk menyesuaikan waktu dan zaman.

Pernahkah Anda memikirkan pekerjaan yang pernah ada sebelumnya tetapi ada lagi pada masa sekarang? Berikut adalah 10 jenis pekerjaan yang mungkin tidak Anda ketahui tentang keberadaannya.

# 1. Tukang menyusun pin bowling

(Foto: shorpy.com)
(Foto: wikimedia.org)

Pekerjaan ini sudah tidak ada lagi sejak adanya mesin yang secara otomatis bisa menyusun pin bowling. Kebanyakan anak laki-laki bekerja sebagai tukang menyusun pin bowling.

# 2. Jam alarm manusia

(Foto: laboiteverte.fr)
(Foto: imgur.com)
(Foto: laboiteverte.fr)

Mereka disewa untuk memastikan bahwa orang-orang akan bangun tepat pada waktunya untuk bekerja. Mereka akan menggunakan kayu atau alat lain untuk mengetuk jendela dan pintu pelanggan.

# 3. Memotong es

(Foto: sharenator.com)
( Foto: sharenator.com)

Sebelum teknik pendinginan modern menjadi luas, pemotong es akan memotong es di danau beku untuk digunakan oleh publik di ruang bawah tanah dan kulkas. Ini adalah pekerjaan berbahaya yang sering dilakukan dalam suhu ekstrim.

# 4. Pendengar pra-radar untuk mendeteksi pesawat musuh

(Foto: retronaut.com)
(Foto: retronaut.com)

Sebelum radar modern ada, tentara menggunakan cermin akustik dan alat mendengar seperti ini untuk mendengarkan dan menangkap suara mesin pesawat yang datang.

# 5. Penangkap tikus

(Foto: Michael von Graffenried)
(Foto: retronaut.com)
(Foto: retronaut.com)

Kerja menangkap tikus dibuat dulu di Eropa untuk mengendalikan populasi tikus. Ini adalah pekerjaan berisiko tinggi, para pekerja terkena penyakit dan infeksi, tetapi mereka membantu mencegahnya menyebar ke publik. Selain orang dewasa, ada juga penangkap tikus dari anak-anak.

# 6. Tukang menyalakan lampu jalan

(Foto: blogs.democratandchronicle.com)
(Foto: lamplighterswooster.com)

Mereka menggunakan kayu panjang untuk menyalakan, memadamkan dan mengisi minyak pada lampu jalan – sampai lampu listrik diperkenalkan.

# 7. Pemandu kayu gelondongan

(Foto: wikipedia.org)

Sebelum teknologi atau infrastruktur tersedia untuk mengangkut kayu dengan truk, pemandu kayu akan ‘menggerakkan’ kayu melalui sungai, dari lokasi penebangan ke daerah pengolahan.

# 8. Operator telepon

(Foto: wikipedia.org)

Operator telepon penting dalam operasi jaringan telepon sebelum ada teknologi modern. Mereka akan menghubungkan panggilan jarak jauh dan melakukan hal-hal lain yang kini dilakukan secara digital.

# 9. Pencuri mayat

(Foto: paul-barford.blogspot.com)

Pencuri mayat telah dipekerjakan pada abad ke-19 untuk mengambil mayat dari makam untuk digunakan oleh universitas untuk digunakan sebagai proses pembelajaran. Untuk mengambil mayat yang sah secara hukum yang jarang terjadi dan sulit diperoleh, universitas dipaksa untuk menggunakan cara lain untuk mendapatkan mayat bagi siswa mereka.

# 10. Penghibur pekerja pabrik

(Foto: thecarmaker.net)

Beberapa pabrik di Amerika Serikat pada masa lalu mempekerjakan seseorang sebagai penghibur. Dia akan berdiri di tempat yang strategis dan kemudian membaca isi seperti buku, koran dan bahan bacaan lainnya. (yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds