Erabaru.net. Melahirkan anak kembar bukanlah hal yang luar biasa di dunia panda. Meskipun tidak biasa bagi mereka, ibu dari panda tidak memiliki keterampilan untuk merawat anak kembarnya sekaligus. Sayangnya, ibu panda biasanya akan memilih satu untuk dijaga dan yang lain akan dibiarkan mati.

Itulah sebabnya penjaga induk panda, Lee Lee datang dengan rencana cerdas untuk menjaga si kembar tetap sehat. Daripada membiarkan Lee Lee melakukan apa yang biasanya ibu panda akan lakukan, mereka mengelabuhi dengan membuatnya seolah olah dia hanya melahirkan seekor anak.

Meskipun mungkin mudah bagi manusia untuk menghukum Lee Lee karena mengabaikan salah satu dari bayinya, panda sangat berbeda ketika membesarkan anak mereka.

Untuk hewan, ini adalah tentang kemungkinan kehidupan bagi kedua anaknya. Menurut David Attenborough, presenter klip BBC di bawah ini, ibu-ibu panda bukan sengaja mengabaikan anaknya, “Mereka menyangka bahwa mereka tidak memiliki susu atau energi yang cukup untuk dua ekor anaknya.” Oleh karena kurangnya sumber ini, Lee Lee hanya bisa menjaga salah bayi yang lahir, dan penjaga perlu memainkan peran penting. Dengan kesabaran dan keberanian, mereka menukar bayi Lee Lee hingga 10 kali sehari.

Seorang penjaga akan mengalihkan Lee Lee dengan madu ketika mereka mencoba mengambil anak kecilnya dari gendongan. Proses ini biasanya membutuhkan beberapa menit untuk menyelesaikan – tetapi ketika selesai, Lee Lee tidak pernah tahu bedanya.

Dia memeluk putranya lebih dekat karena staf veteriner memantau, memberi makan, dan mengamati. Ketika saatnya untuk menukar, penjaga perlu melakukan hal yang sama lagi.

Meskipun cara tersebut membosankan, tapi dengan cara ini memiliki tingkat keberhasilan hampir 100 persen. Lihat lebih lanjut tentang Lee Lee dan bayi imutnya di videonya. (rpg)

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds