Erabaru.net. Penuh keajaiban dan misteri, alam tidak pernah berhenti membuat kita kagum. Sejak masa yang jauh lampau, bumi telah menjadi tempat terjadinya berbagai fenomena yang tampak berasal dari luar bumi, bahkan beberapa diantaranya tidak mampu dijelaskan sampai sekarang.

Namun walau kita tidak mampu menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi tersebut, kita tetap harus mengakui bahwa semua itu sangat mengesankan.

Mari lihat beberapa fenomena langka yang terjadi di alam, berikut ini:

1. Salju yang Menggulung

Facebook

Salju yang menggulung adalah fenomena alam yang terjadi karena angin. Sebongkah salju tertiup angin dan bergulung di tanah sambil membawa beragam materi bersamanya.

2. Pilar Cahaya

Facebook

Sejenis halo yang langka, yang terjadi karena pantulan cahaya dari sangat banyak kristal es, yang tertahan di lapisan atmosfer. Pilar cahaya bisa terlihat hanya ketika suhu di luar ruangan sangat dingin.

3. Brinicle

Facebook

Brinicle (tornado es di bawah laut) terbentuk saat air laut bocor ke lautan es, kemudian air laut itu semakin tenggelam dan dikelilingi dengan es, menciptakan objek es bawah laut yang menakjubkan. Fenomena ini hanya terjadi di perairan oseania di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan.

4. Awan Mammatus

Facebook

Awan mammatus adalah sejenis awan yang berbentuk seperti kantung, yang bergantung di bagian dasar awan di angkasa. Satu kantung awan yang menarik ini hanya bertahan selama sekitar 10 menit, namun seluruh kumpulannya bisa bertahan dari 15 menit hingga 1 jam.

5. Halo

Facebook

Halo adalah sebuah cincin yang berkilau yang muncul di dekat matahari atau bulan. Fenomena ini terjadi akibat cahaya matahari yang berinteraksi dengan kristal es, yang tertahan di lapisan atmosfer.

6. Cloud Iridescence (Awan Warna-Warni)

Facebook

Fenomena yang indah ini bisa dilihat jika matahari tersembunyi dibalik awan yang tebal dan ada awan yang tipis di dekatnya. Tergantung pada posisi matahari, sebuah awan bisa tampak seperti kilauan cahaya dengan gelombang yang berbeda-beda, yang terefleksi dengan cara yang istimewa.

7. Glory

Facebook

Glory adalah fenomena optik, yang disebabkan cahaya matahari yang berinteraksi dengan partikel air yang sangat kecil. Glory terdiri atas cincin-cincin konsentrat dan mirip dengan pelangi.

Sungguh luar biasa bukan? Mari kita sayangi dan jaga kelestarian alam kita, demi diri kita sendiri dan anak cucu kita. (an)

Share

Video Popular