- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Empat Anak Tewas Ketika Kereta Api Belanda Tabrak Sepeda Listrik

Amsterdam — Sebuah kereta api menabrak sepeda kargo listrik di Belanda pada 20 September 2018, waktu setempat. Kecelakaan maut itu menewaskan empat anak kecil. Dua orang lainnya terluka parah dan berada dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Juru bicara polisi Dianne van Gameren mengatakan para korban adalah anak-anak usia sekolah dasar. Beberapa dari mereka berasal dari keluarga yang sama. Identitas anak-anak tidak dipublikasikan oleh polisi.

Kecelakaan itu terjadi di kota Oss, sekitar 100 kilometer sebelah tenggara Amsterdam. Tabrakan terjadi di sebuah perlintasan kereta api yang dekat dengan salah satu stasiun. Perlintasan tersebut memiliki lampu peringatan dan penghalang berwarna merah-putih untuk menjaga jarak pejalan kaki dari rel ketika kereta api lewat.

Polisi mengatakan, kendaraan listrik mirip becak itu adalah milik pusat penitipan anak. Sepeda sedang membawa anak-anak ke sekolah ketika tabrakan terjadi.

Kendaraan yang terlibat adalah sepeda kargo listrik, yang memiliki kotak kayu atau plastik besar yang dipasang pada rangka di depan pengendara. Kendaraan itu biasanya digunakan untuk mengangkut barang, tetapi kini sangat populer di kalangan orang tua Belanda untuk membawa anak-anak kecil. Sopir berdiri di atas platform di belakang wadah besar dan mengarahkan sepeda menggunakan setang.

Dua korban kritis yang terluka, seorang anak dan wanita yang mengendarai ‘becak listrik’ itu, dibawa ke rumah sakit setempat.

ProRail, perusahaan yang bertanggung jawab untuk infrastruktur kereta api di Belanda, mengatakan penyebab tabrakan sedang dalam penyelidikan.

“Ini adalah hari yang sangat gelap, mengerikan bagi keluarga terdekat dan mereka yang terlibat,” kata CEO ProRail, Pier Eringa. “Tidak ada kata-kata yang tepat untuk menggambarkan bencana ini.”

Eringa mengatakan penyelidikan awal menunjukkan bahwa hambatan di persimpangan itu bekerja dengan benar pada saat kecelakaan terjadi.

“Kami berduka dan fokus membantu keluarga yang kehilangan anak-anak mereka dalam kecelakaan mengerikan di Oss,” ujar Ratu Belanda, Maxima kepada wartawan, yang tampak menunjukkan rasa murka, selama kunjungannya ke wilayah utara Friesland.

Walikota Oss, Wobine Buijs-Glaudemans menyampaikan belasungkawa kepada keluarga, sekolah, pusat penitipan anak dan semua orang yang terlibat. (AP/The Epoch Times/waa)

Video Pilihan :

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :