Erabaru.net. Kita semua tahu bahwa kita memerlukan air untuk memasak nasi, namun nenek moyang bangsa Tionghoa jauh lebih paham, mereka menggunakan air khusus untuk memasak nasi, sehingga mereka tidak jatuh sakit dan panjang umur. Apakah air khusus tersebut ? Mereka menggunakan air teh. Air teh akan mengurangi lemak, membersihkan mulut, membantu pencernaan, dan mencegah penyakit.

Memasak nasi menggunakan air teh bukan saja dapat menghilangkan lemak tubuh, menyegarkan mulut dan memperlancar pencernaan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan panjang umur.

Menurut ahli gizi, sering mengonsumsi nasi dari rebusan air teh dapat mencegah dan mengobati lima jenis penyakit ini.

1. Mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskular

Polifenol merupakan senyawa utama yang terkandung di dalam teh, suatu zat antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menyingkirkan radikal bebas.

Bukti ilmiah menyebutkan, bahwa polifenol dapat meningkatkan ketahanan dan mencegah dinding mikrovaskuler pecah atau berdarah.

Selain itu, polifenol juga dapat menurunkan kolesterol darah, menghalau aterosklerosis, melembutkan pembuluh darah, menurunkan lemak darah, dan mencegah penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah tumor saluran cerna

Polifenol adalah salah satu antioksidan alami yang paling kuat. Polifenol dapat menonaktifkan karsinogen, menghambat dan memutuskan nitrosamin (karsinogenik) dalam tubuh, sehingga dapat mencegah tumor saluran cerna.

3. Mencegah stroke

Salah satu faktor terjadinya stroke, adalah terbentuknya lipid peroksida yang membuat dinding pembuluh darah kehilangan elastisitasnya. Sementara itu, asam tanin merupakan suatu senyawa polifenol, yang berfungsi menghambat pembentukan lipid peroksida dan sebagai antioksidan, mendorong penguraian enzim lemak, sehingga bisa secara efektif mencegah stroke.

4. Membantu sistem pencernaan

Catatan tentang menanak nasi menggunakan air teh sudah ada dalam buku medis Tiongkok kuno “Compendium of Materia Medica” . Selain itu, cara ini juga dapat memperlancar sistem pencernaan, yang secara efektif dapat mengurai lemak dalam tubuh, dan membuat Anda memiliki tubuh yang langsing

5. Mencegah karies gigi

Fluoride dalam teh merupakan zat dentin yang sangat diperlukan tubuh. Fluoride dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan gigi melawan asam, sehingga dapat mencegah karies gigi (penyakit infeksi yang merusak struktur gigi)

Jenis-jenis teh dan penyakitnya

Menanak nasi dengan air teh oolong untuk mengatasi gula darah tinggi.

Menanak nasi dengan air teh Pu’erh untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Menanak nasi dengan air teh kuding untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Anda ingin tahu caranya menanak nasi dengan air teh? Ada di sini.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds