HONG KONG – Tiongkok ingin memperketat regulasi konten yang diproduksi di luar negeri, terutama memblokir tayangan-tayangan current affair yang ditampilkan di negara tersebut.

Current Affair, adalah program siaran yang menyajikan informasi yang terkait dengan suatu berita penting yang muncul sebelumnya namun dibuat secara lengkap dan mendalam.

Regulator Tiongkok akan membatasi film, serial TV dan animasi yang akan ditayangkan di stasiun-stasiun televisi domestik atau platform video online, sebuah rancangan panduan oleh Administrasi Radio dan Televisi Nasional diumumkan pada 20 September.

Konten yang terkait dengan current Affair akan sangat ditargetkan, bersamaan regulator tersebut mengatakan konten-konten itu tidak diizinkan untuk diperkenalkan ke negara tersebut.

Langkah ini dilakukan di tengah peraturan keras yang lebih luas yang menargetkan konten online dari mulai streaming langsung dan blog sampai permainan (game) seluler.

Pada bulan Juli, pertunjukan satire (humor sindiran) “Saturday Night Live” (SNL) versi bahasa Mandarin dari NBCUniversal AS, untuk sementara ditangguhkan dari situs video domestik.

Regulator tersebut juga berulang kali berjanji untuk menghapus apa pun yang “menyimpang dari nilai-nilai inti sosialis.”

Dalam rancangan panduannya, pengawas media Tiongkok telah membuat daftar delapan jenis konten yang tidak diizinkan untuk diimpor ke Tiongkok, seperti kekerasan, terorisme, hasutan untuk kejahatan, membahayakan stabilitas sosial dan berbahaya bagi sentimen nasional. (ran)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds