Erabaru.net. Sementara anak-anak lain sibuk bermain dengan gadget mereka, anak kecil ini justru menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membantu kakeknya berkebun atau mencuci pakaian dan sepatunya sendiri.

Anak-anak suka bermain dalam tahun-tahun pertama kehidupan mereka sebagaimana mereka berhak. Tetapi untuk Joaquim Johanness yang berusia 5 tahun, atau yang dikenal sebagai “Jojo,” masa kanak-kanaknya justru sebagian besar dihabiskan untuk membantu kakek-neneknya dalam melakukan pekerjaan rumah tangga serta berkebun.

viral4real.com

Pada usia yang sangat muda, Jojo telah belajar bagaimana bertanggung jawab dan merawat kakek-neneknya yang bangga memiliki dia sebagai cucu.

viral4real.com

Alih-alih bermain dengan teman-temannya, orang-orang sering menemukan Jojo membantu kakeknya berkebun. Faktanya, dia sekarang tahu bagaimana cara menggunakan cangkul (dengan bantuan kakeknya tentu saja).

Jojo rajin di rumah dan ketika belajar sebagai siswa pra-sekolah di Sekolah Kebangsaan St. Augustine Betong di Sarawak, Malaysia.

viral4real.com

Dalam rangkaian foto yang dibagikan oleh guru Emmet, Jojo dapat terlihat sedang mencuci dan mengatur pakaian, dan juga sepatunya tanpa diberitahu oleh kakek-neneknya.

viral4real.com

Banyak netizen juga memperhatikan bahwa Jojo sangat menikmati tugas yang dia kerjakan dan membantu kakek-neneknya.

viral4real.com

“Sementara anak-anak lain di kota menghabiskan waktu luang mereka untuk gadget dan video game, ada anak-anak yang tinggal di daerah pedesaan seperti Jojo, yang memanfaatkan waktunya untuk kegiatan fisik yang sehat, yang membantu mempromosikan kemandirian,” tulis guru Emmet. (sc/an)

Viral4real

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds