Erabaru.net. Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, keduanya dikelompokkan berdasarkan waktu. Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis.

Jika Anda batuk dan sudah mencoba beberapa obat juga tak kunjung reda, coba dengan ramuan beritkut ini:

Kunyit : Mengobati batuk dan flu

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti virus, anti bakteri, dan anti inflamasi yang kuat. Minum susu yang dicampur dengan kunyit dapat mengobati infeksi yang menyebabkan batuk kering dan sakit tenggorokan.

Minum segelas jus kunyit di malam hari tidak hanya dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak, tetapi juga dapat mengobati batuk dan flu.

Kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat mengobati sakit tenggorokan. Caranya, campurkan satu sendok teh kunyit bubuk dengan setengah sendok teh bawang putih bubuk dan satu sendok teh gula merah. Minum ramuan ini selagi hangat, dua kali sehari untuk mengobati sakit tenggorokan.

Jahe : Mengobati batuk kering

Sejak lama, jahe diyakini dapat mengatasi gangguan pencernaan. Pada pengobatan tradisional, jahe dengan garam dapat membantu menyingkirkan batuk. Jadi, pada saat Anda terserang alergi atau batuk terus-menerus, dibanding minum pil atau obat batuk sirup, cobalah ramuan jahe dengan garam.

Jahe bekerja dengan menghambat kontraksi saluran napas. Cara ini akan membantu merangsang sekresi lendir, sehingga mengobati batuk kering. Meskipun mengunyah jahe dengan garam adalah cara terbaik untuk mengobati batuk. Tetapi tidak semua orang mau melakukan cara itu.

Jahe bersifat anti inflamasi yang bisa membebaskanmu dari penderitaan batuk kering.

Teh rempah

Teh rempah adalah pengobatan tradisional lainnya untuk mengobati batuk kering.

Untuk membuat ramuan, ada di sini.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds