HONG KONG / BEIJING – Tiongkok telah menolak permintaan kapal perang AS untuk mengunjungi Hong Kong, konsulat AS di kota Tiongkok mengatakan pada 25 September, di tengah meningkatnya ketegangan antara Beijing dan Washington atas perdagangan dan keputusan AS untuk menjatuhkan sanksi pada militer negara Asia tersebut.

Kapal penyerang amfibi Wasp telah mengumumkan akan melakukan kunjungan singkat di pelabuhan Hong Kong bekas koloni Inggris pada Oktober, kata sumber diplomatik.

“Pemerintah Tiongkok tidak menyetujui permintaan untuk kunjungan pelabuhan AS ke Hong Kong dengan kapal penyerang ammfibi Wasp,” kata seorang juru bicara konsulat.

“Kita memiliki rekam jejak panjang tentang kunjungan pelabuhan yang sukses ke Hong Kong, dan kita berharap itu akan berlanjut,” tambahnya.

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang tidak secara langsung menjawab pertanyaan apakah Tiongkok telah menolak permintaan tersebut.

Pada tahun 2016, pada saat ketegangan yang meningkat atas klaim teritorial di Laut China Selatan yang disengketakan, Tiongkok telah menolak permintaan kelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh John C. Stennis untuk mengunjungi Hong Kong.

Pada 22 September, Tiongkok memanggil duta besar AS di Beijing dan menunda pembicaraan militer gabungan sebagai protes terhadap keputusan AS untuk memberikan sanksi kepada sebuah badan militer Tiongkok dan direkturnya karena membeli jet tempur Rusia dan sistem rudal darat ke udara.

Tiongkok dan Amerika Serikat juga terlibat dalam perang dagang yang semakin sengit. (ran)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds