Los Angeles – Miliarder Jepang, Yusaku Maezawa mengatakan berencana untuk melakukan perjalanan komersial pribadi pertama di sekitar bulan. Jika tidak ada halangan, dan tidak ada pihak lain yang mendahului, pengusaha mode itu akan menjadi turis antariksa pertama diterbangkan oleh SpaceX.

Namun, kolektor benda seni itu mengatakan akan mengundang enam hingga delapan seniman, arsitek, perancang busana dan orang-orang kreatif lainnya. Mereka akan mengelilingi bulan dalam perjalanan selama seminggu, namun mereka rencananya tidak akan mendarat di satelit alami Bumi.

Mereka akan melakukan perjalanan antariksa dengan Big Falcon Rocket milik SpaceX. Tur antariksa itu dijadwalkan pada 2023, seperti diumumkan oleh pendiri SpaceX, Elon Musk pada 17 September 2018 lalu, di kantor pusatnya dekat Los Angeles.

Maezawa, 42, mengatakan ingin mengajak para turis untuk mengelilingi orbit bulan. Mereka akan melihat bulan dari dekat, dan melihat Bumi dalam pandangan penuh. Akan tetapi, dia ingin para seniman yang dibawa bisa menciptakan karya seni yang menggambarkan pengalaman perjalanan mereka.

Musk mengatakan bahwa pendiri situs web ritel terbesar Jepang dan salah satu orang terkaya di negara itu, akan membayar dengan mahal untuk perjalanan itu. Namun, dia menolak mengungkapkan jumlah tepatnya.

“Maezawa datang ke SpaceX dengan ide untuk penerbangan grup, rombongan,” kata Musk.

“Saya tidak ingin memiliki pengalaman yang fantastis seorang diri,” timpal Maezawa.

Dia mengatakan sering memikirkan tentang, hasil karya apa yang akan dihasilkan oleh seniman seperti Basquiat atau Andy Warhol, jika mereka bepergian ke luar angkasa.

“Pada 2023, sebagai tuan rumah, saya ingin mengundang enam hingga delapan seniman dari seluruh dunia untuk bergabung dengan saya dalam misi ini ke bulan. Para seniman ini akan diminta untuk membuat sesuatu, setelah mereka kembali ke Bumi. Dan mahakarya ini akan menginspirasi para pemimpi. Saya ingin menciptakan karya seni yang luar biasa untuk umat manusia,” sambung Maezawa.

Maezawa belum mau membocorkan siapa saja yang akan ada di daftar tamu untuk wisata ruang angkasa itu. Akan tetapi, sebagai tanggapan atas pertanyaan dari seorang reporter, dia mengatakan bahwa dia akan mempertimbangkan untuk mengundang Musk.

“Dia dengan murah hati menawarkan untuk menyediakan tempat duduk bagi seniman dan pemberi pengaruh budaya dan pada dasarnya pemberi pengaruh utama dalam masyarakat. Kami lebih baik mendapatkan penerbangan itu dengan benar. Kami pasti akan melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan bahwa ini adalah penerbangan yang baik. Mungkin kita berdua akan berada di dalamnya,” kata Musk sambil tersenyum.

Dia mengatakan BFR masih dalam pengembangan dan akan membuat beberapa peluncuran tes tanpa awak sebelum mengangkut penumpang. Roket setinggi 118 meter yang dapat digunakan kembali itu, akan membawa kapal penumpang khusus.

Jarak rata-rata dari Bumi ke bulan adalah sekitar 382.500 kilometer. Astronot terakhir mengunjungi bulan selama program Apollo NASA. Ada sebanyak 24 orang yang pernah terbang ke bulan dari 1968 hingga 1972, dan setengah dari mereka berhasil mencapai permukaan bulan.

NASA juga merencanakan untuk kembali mendaratkan astronot dan peneliti di Bulan pada sekitar tahun 2023. Badan antariksa Amerika Serikat itu juga berencana membangun pangkalan dengan staf manusia di sekitar bulan pada 2020-an. Pos terdepan itu akan berfungsi sebagai titik loncatan untuk mendarat di permukaan bulan, Mars, dan planet-planet lainnya.

Pendiri dan chief executive SpaceX, Elon Musk, berbicara di sebuah acara untuk mengumumkan nama orang yang akan menjadi penumpang pribadi pertama dalam perjalanan mengelilingi bulan, pada 17 September 2018, di Hawthorne, Calif. (Foto : Chris Carlson/AP Photo/The Epoch Times)

Musk sebelumnya pernah menguraikan misi SpaceX yang berbeda tahun lalu. Dia mengatakan bahwa dua orang yang saling mengenal, mendekati perusahaannya untuk terbang selama seminggu, ke bulan dan kembali ke Bumi. Dia mengatakan tahun lalu bahwa perjalanan itu dijadwalkan pada tahun ini. Musk tidak menyebutkan nama kliennya itu tahun lalu, atau mengatakan berapa harga yang akan mereka bayarkan.

Misi itu direncanakan akan menggunakan roket Falcon Heavy, roket paling kuat saat ini, dan sebuah kapsul yang mirip dengan yang akan digunakan oleh astronot NASA untuk terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada awal tahun depan. Namun, rencana itu tidak direalisasikan.

Era pariwisata ruang angkasa dimulai pada tahun 2001, ketika pengusaha California, Dennis Tito membayar perjalanan dengan roket Rusia ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Perjalanan ini diselenggarakan oleh perusahaan Space Adventures yang bermarkas di Virginia, yang sejak itu mengirimkan beberapa pelanggan yang membayar lebih banyak pada penerbangan antariksa.

SpaceX sudah memiliki daftar panjang pengalaman pertama, dengan daftar akhir adalah menerbangkan turis ke Planet Mars. Mereka menjadi perusahaan swasta pertama yang meluncurkan pesawat ruang angkasa ke orbit Bumi, dan dengan aman mengembalikannya ke Bumi pada tahun 2010. SpaceX juga merupakan perusahaan komersial pertama yang terbang ke stasiun luar angkasa pada tahun 2012, pada misi mengangkut pasokan logistik. (AP/The Epoch Times/waa)

Video Pilihan :

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds