London — WikiLeaks menunjuk salah seorang juru bicara mereka, Kristinn Hrafnsson sebagai kepala editor atau pemimpin redaksi baru, pada 26 September 2018. Konsekuensi dari langkah tersebut masih belum jelas.

Organisasi ini didirikan dan telah dipimpin selama lebih dari satu dekade oleh Julian Assange, mantan peretas berusia 47 tahun. Tetapi orang Australia berambut perak itu telah diasingkan dan terkurung selama bertahun-tahun di gedung Kedutaan Besar Ekuador di London. WikiLeaks mengetwit bahwa Assange akan tetap sebagai ‘penerbit’ grup.

Julian Assange berbicara kepada media dari balkon Kedutaan Besar Ekuador pada 19 Mei 2017 di London, Inggris. (Jack Taylor/Getty Images/The Epoch Times)

Assange memutus komunikasi pada bulan Maret 2018. Komunikasi diputus atas perintah presiden baru Ekuador. Pernyataan pada 26 September 2018 mengatakan bahwa dia tetap, “incommunicado” atau tidak dapat berkomunikasi.

Nama jabatan di WikiLeaks sangat dinamis selama bertahun-tahun. Assange banyak menggambarkan dirinya sebagai juru bicara, penerbit, dan editor grup. Hrafnsson mengatakan kepada The Associated Press bahwa mereka masih harus melihat apakah perubahan dalam tanggung jawab akan permanen atau hanya sementara.

Hrafnsson menutup sesi wawancara ketika ditanya lebih lanjut. Dia mengatakan sedang sibuk memasak makan malam, sehingga tidak bisa lebih lama melayani wawancara. (AP/The Epoch Times)

Video Pilihan :

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular