Midori (Dokter  Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) Internasional, Dosen PTT Jepang)

Catatan redaksi: Tubuh yang terkonsentrasi dengan hawa dingin mudah terserang penyakit, aktor Jepang Hidekazu Akai sekeluarga sangat suka melakukan rendam kaki, jadi sangat jarang ada yang terserang demam. Kapan waktu terbaik untuk merendam kaki? Bagaimana merendam kaki agar menimbulkan efek mengusir dingin dan menghangatkan tubuh? Mari kita dengarkan penjelasan dokter PTT (Pengobatan Tradisional Tiongkok) dari Jepang.

Rendam Kaki Adalah Cara Efektif Perbaiki Sirkulasi Darah

Cara terbaik membuat tubuh menjadi hangat adalah mandi berendam (air panas/hangat), tapi banyak orang tidak bisa mandi berendam karena sedang sakit, atau terluka, atau kondisi fisik terlalu lemah untuk mandi berendam, ataupun karena terlalu sibuk sehingga hanya bisa mandi biasa.

Saya menyarankan agar mencoba metode “rendam kaki”. Pembaca seharusnya pernah mendengar istilah rendam kaki. Seperti saat berkunjung ke pemandian sumber air panas, umumnya disediakan tempat untuk merendam kaki. Setiap kali bepergian dengan bus, bila ada daerah yang menyediakan tempat merendam kaki, penulis pasti akan memanfaatkannya.

Setelah menumpang bus selama berjam-jam, sirkulasi darah menjadi kurang baik, kaki juga bisa mengalami pembengkakan serius, kondisi seperti itu sangat penting melakukan rendam kaki untuk mengembalikan kelancaran sirkulasi darah.

Penulis masih ingat dulu pernah melihat sebuah artikel terkait aktor Jepang bernama Hidekazu Akai yang merekomendasikan rendam kaki. Karena keluarga Akai sangat suka merendam kaki, sehingga sangat jarang mengalami demam.

Akai sendiri menerapkan saran dari seorang ahli osteopati yang mengatakan “sumber segala ketidak-nyamanan pada tubuh disebabkan karena kondisi tubuh yang dingin”, setiap pagi setelah bangun tidur Akai merendam kaki di dalam air panas pada mesin rendam kaki, sambil membaca naskah skenario atau koran, sambil menikmati sarapan pagi, kakinya direndam selama 40~50 menit.

Selain itu, ia juga mengatakan jika di musim panas tubuh menjadi dingin akibat hembusan AC, maka cara rendam kaki adalah cara yang terbaik.

Pagi Rendam Kaki, Hangatkan Tubuh Sepanjang Hari

Saat merendam kaki, sebaiknya gunakan wadah yang memungkinkan kaki terendam sampai ke mata kaki, tambahkan air hangat sekitar 420 C, dan rendam selama sekitar 15 menit.

Bagi yang sangat sibuk dan tidak bisa berlama-lama merendam kaki, cukup merendam kaki Anda selama 3 menit pun akan memberikan hasil yang cukup baik. Ada lagi cara yang lebih mudah, yakni merendam kaki di dalam bak mandi (bathtub) selama 3 menit.

Karena meremdam kaki di malam hari akan membuat seluruh tubuh menjadi hangat, maka disarankan merendam kaki di pagi hari.

Saat rendam kaki di pagi hari, Anda akan merasa tubuh hangat sepanjang hari. Bagi yang terlalu sibuk di pagi hari dan tidak sempat merendam kaki, tidak ada salahnya mencoba cara Akai merendam kaki sambil sarapan atau sambil membaca koran, atau melakukan hal lain, penulis sendiri setiap pagi merendam kaki sambil sarapan.

Jika merasa membeli mesin rendam kaki terlalu memboroskan uang, maka gunakan saja ember atau wadah lain yang ada di rumah lalu tambahkan air panas untuk merendam kaki, hasilnya juga sangat baik dan menghangatkan.

Tapi merendam kaki dengan cara sederhana ini dalam prosesnya air akan perlahan menjadi dingin. Untuk menghindari kondisi ini, masukkan ember yang telah diisi air panas itu ke dalam sebuah kantung plastik besar, lalu masukkan kaki ke dalam ember, kemudian ikatlah ujung kantung plastik tersebut, dengan demikian suhu air tidak akan menurun terlalu cepat.

Jika bisa membungkuskan handuk besar yang tidak terpakai di sekitar kantung plastik tersebut, maka suhu air akan bertahan lebih lama lagi.

Jika karena demam atau kondisi tubuh tidak memungkinkan mandi berendam, maka cobalah “tiga tahap rendam kaki”.

Cara ini dapat menggantikan mandi berendam dan membuat tubuh menjadi hangat. Intinya, air panas ditambahkan sebanyak tiga kali, dan setiap kali suhu air harus dinaikkan 10 C.

Metode Rendam Kaki Tiga Tahap

① Setelah berendam di dalam air hangat 400 C selama 3 menit angkatlah kaki dan seka dengan lap kering, tambahkan air hangat, suhu air naikkan 10 C.

② Setelah berendam di dalam air hangat 410 C selama 3 menit angkatlah kaki dan seka dengan lap kering, tambahkan air hangat, suhu air naikkan 10 C.

③ Setelah berendam di dalam air hangat 420 C selama 3 menit angkatlah kaki dan seka dengan lap kering, tambahkan air hangat, suhu air naikkan 10 C.

④ Rendam kaki di dalam air hangat 430 C selama 3 menit. Pada saat ini tubuh akan mengeluarkan keringat sepenuhnya.

Tapi harus diingat, saat menambahkan air hangat, harus dipastikan kaki telah dilap sampai kering, setelah tetesan air dengan suhu yang lebih rendah dilap kering, baru kemudian direndam lagi ke dalam air dengan suhu yang lebih tinggi. (SUD/WHS/asr)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds