Erabaru.net. Suatu hari, rumah seorang saudagar kaya kecurian. Rumah itu sangat ketat penjagaannya sampai saudagar itu yakin dan menduga bahwa pencurinya pasti adalah salah satu pelayannya. Jadi dia pergi ke seorang bijak dan menyebutkan insiden itu.

Orang bijak tersebut pergi ke rumahnya dan mengumpulkan semua pelayannya lalu bertanya siapa yang mencuri barang-barang milik sang saudagar. Semua pelayan menyangkal.

Orang bijak berpikir sejenak, lalu memberikan tongkat yang sama panjangnya kepada semua pelayan dan berkata kepada mereka bahwa semua tongkat itu adalah tongkat ajaib, dan tongkat yang dipegang oleh si pencuri yang sebenarnya, besok akan memanjang sepanjang 5 inci. Semua pelayan harus hadir lagi di sini besok dengan membawa tongkatnya masing-masing.

Ilustrasi. Kredit: indiamart.com

Semua pelayan pulang ke rumah mereka dan berkumpul lagi di tempat yang sama pada hari berikutnya. Sang orang bijak meminta mereka menunjukkan tongkat mereka. Salah satu pelayan memiliki tongkat yang lebih pendek 5 inci. Orang bijak berkata, “Saudagar, inilah pencuri Anda.”

Kemudian saudagar itu bertanya kepada orang bijak, “Bagaimana Anda bisa tahu?”

Orang bijak berkata, “Pencuri itu telah memotong tongkatnya 5 inci di malam hari karena takut tongkatnya akan lebih panjang 5 inci pagi ini.”

Bagaimanapun kebusukan ditutupi, baunya akan tetap tercium. (lpc/jul)

Sumber: pencerahansejati.com

Share

Video Popular