Erabaru.net. Joey, bayi kanguru pohon yang langka muncul setelah enam bulan di dalam kantong induknya.

Joey adalah bayi kanguru pohon yang lahir di Healesville Sanctuary di Victoria, Australia, dan merupakan spesies kanguru yang langka – kanguru Goodfellow Tree yang terancam punah.

Setelah pemeriksaan kantong secara rutin awal tahun ini, penjaga menemukan bahwa Mani, ibu kangguru, memiliki seekor joey kecil – seukuran kacang jeli – tumbuh di kantongnya.

Mani dan pasangannya, Bagam, berhasil dipasangkan pada awal tahun 2016 adalah bagian dari proyek konservasi tempat perlindungan, dengan harapan untuk melindungi dan memulihkan populasi kanguru pohon.

Joey menghabiskan enam bulan di dalam kantong induknya sebelum kepalanya muncul keluar untuk pertama kalinya.

Selama beberapa bulan ke depan, si kecil akan terus menjelajah keluar-masuk kantong lebih banyak lagi, secara bertahap menjadi lebih mandiri karena belajar dari induknya.

Kanguru pohon, tidak mengherankan, meskipun terkait dengan rekan mereka yang tinggal di tanah, tetapi telah beradaptasi untuk hidup di pepohonan.

Faktanya, mereka beradaptasi dengan sangat baik, mereka sering kikuk ketika berjalan di tanah, mereka lebih memilih gaya hidup di atas pohon.

Kanguru Pohon Goodfellow adalah spesies yang terancam punah, terancam oleh perburuan dan hilangnya habitat.

Kebun Binatang Victoria bekerja sama dengan tempat-tempat perlindungan dan organisasi lain di seluruh dunia untuk menyelamatkan suatu spesies ini dari kepunahan.

Kanguru Pohon Goodfellow terdaftar sebagai spesies terancam punah pada IUCN Red List of Threatened Species, dan telah ada sejak tahun 1994.

Ini menyatakan:

“Terdaftar sebagai Terancam Punah berdasarkan penurunan populasi yang sedang berlangsung setidaknya 50% selama tiga generasi terakhir (yaitu, 30 tahun), karena tingkat eksploitasi aktual dari perburuan dan penurunan dalam kualitas habitat.

Spesies ini sangat terancam oleh perburuan makanan dan diperdagangkan secara internal karena alasan budaya oleh penduduk setempat, dan juga oleh hilangnya habitat akibat penebangan hutan lokal untuk kayu, perladangan yang berpindah, perkebunan kopi, padi (lahan kering) dan gandum.”

Kanguru Pohon Goodfellow adalah hewan asli Papua New Guinea, dan saat ini memiliki populasi lebih dari 2.000 individu di alam liar.

Kemitraan antara organisasi di Papua New Guinea, Australia dan Amerika bekerja untuk memerangi hilangnya satwa liar ini. (rpg)

Sumber: UN

Video Rekomendasi

Share

Video Popular