Erabaru.net. Suatu hari seekor rusa sedang berkeliaran di hutan, kemudian dia merasa haus dan mulai pergi mencari air untuk diminum.

Setelah beberapa waktu, dia menemukan sebuah danau dengan air yang jernih. Sang Rusa pergi ke tepi danau dan mulai minum. Setelah minum dia melihat bayangannya di atas air yang jernih.

Iljustrasi. Kredit: absfreepic.com

Dalam bayangan dia melihat tanduknya yang indah dan membuatnya tampak gagah. Dia sangat senang melihat betapa indah tanduknya dan betapa sangat mengagumkan, tapi begitu dia melihat ke arah bawah, dia melihat bayangan kakinya, timbul rasa tidak suka karena kakinya terlihat kurus, kotor dan jelek.

Tiba-tiba dia mendengar suara seseorang mendekati danau. Dia melihat bahwa itu adalah sekelompok pemburu bersama beberapa ekor anjing pemburu.

Dia mendengar seorang pemburu berkata, “Lihat! tanduk rusa itu bagus sekali, akan sangat bagus jika tanduk itu ditaruh di dinding rumah.”

Sang rusa merasa takut dan mulai berlari. Untuk menyelamatkan dirinya, dia berlari membabi buta ke dalam hutan, tanpa dia sadari dia telah masuk ke bagian hutan dimana sangat banyak tanaman rambat yang tumbuh disana, saat dia menyadari, tanduknya sudah terlilit ke tumbuhan-tumbuhan tersebut.

Ilustrasi. Kredit: arumsekartaji.wordpress.com

Sang rusa berusaha sangat keras untuk membebaskan diri dari tumbuhan rambat yang melilit tanduknya, tapi setelah banyak mencoba, dia tidak jua dapat membebaskan dirinya.

Saat itu dia merasa tidak lagi mendengar suara para pemburu ataupun anjing pemburu mereka.

Sekilas dia merenung, yang berhasil membawa dia lepas dari para pemburu adalah kakinya yang tadi dia anggap sebagai kurus, kotor dan tidak indah. Sementara tanduknya yang indah dan dia bangga-banggakan justru malah membuat dia terjebak sekarang.

Namun naas bagi sang rusa, karena ternyata para pemburu itu tidak berhenti mengejarnya.

Ilustrasi. Kredit: huffingtonpost.com

Anjing milik para pemburu itu tiba dan menggigitnya, dan tidak lama para pemburu tiba dan menembaknya hingga mati.

Kita seharusnya tidak menilai apapun hanya dari penampilan. Seringkali hal yang paling tidak kita sukai justru lebih berguna dalam hidup daripada sesuatu yang hanya bagus untuk dilihat.(sc/jul)

Sumber: pencerahansejati.com

Share

Video Popular