BRUSSELS – Komisi Eropa akan mengusulkan pajak akhir untuk mengekang impor murah sepeda listrik Tiongkok yang dijelaskan oleh para produsen Eropa sedang memperoleh manfaat dari subsidi yang tidak adil dan membanjiri pasar Uni Eropa.

Komisi tersebut, yang menyelidiki atas nama 28 anggota Uni Eropa, percaya bahwa tarif-tarif pasti atau final antara 18,8 dan 79,3 persen harus berlaku untuk semua e-bike (sepeda listrik) yang berasal dari Tiongkok, menurut “dokumen pemberitahuan” yang dilihat oleh Reuters.

Giant milik Taiwan, salah satu pembuat sepeda terbesar di dunia, yang memiliki pabrik di Tiongkok dan juga di Belanda, akan dikenakan tarif 24,8 persen.

Tarifnya sedikit lebih rendah dari bea sementara antara 21,8 dan 83,6 persen yang telah ditetapkan pada bulan Juli.

Bea anti-dumping dan anti-subsidi adalah yang terbaru dalam serangkaian langkah Uni Eropa terhadap ekspor Tiongkok mulai dari panel surya hingga baja, yang telah memicu kata-kata keras dari Beijing.

Uni Eropa berbagi kekhawatiran AS tentang transfer teknologi dan subsidi negara tetapi tidak menganjurkan perang dagang. Amerika Serikat telah mengenakan tarif atas barang-barang Tiongkok senilai $250 miliar, dan Beijing telah menanggapi dengan tarif pembalasan atas barang-barang AS senilai $110 miliar, meskipun keduanya sedang dalam perundingan.

Tarif-tarif pasti tentang sepeda listrik tersebut perlu disetujui oleh negara-negara Uni Eropa dan harus dibuat sebelum 18 Januari. Biasanya berlaku selama lima tahun. Pihak-pihak yang berkepentingan mempunyai batas waktu sampai 26 November untuk mengomentari rencana Komisi tersebut.

Komisi menemukan ekspor sepeda listrik ke Uni Eropa Tiongkok meningkat lebih dari tiga kali lipat dari tahun 2014 hingga September 2017. Pangsa pasar mereka naik menjadi 35 persen, sementara harga rata-rata mereka turun 11 persen.

Ia juga mengatakan produsen Tiongkok mendapat manfaat dari harga aluminium yang dikendalikan dan pembiayaan yang menguntungkan serta kondisi hak lahan dan keringanan pajak.

Asosiasi Pabrikan Sepeda Eropa, yang membawa kasus tersebut, menyambut baik pemberitahuan niat Komisi tersebut, mengatakan bahwa penyelidikan telah membuktikan bahwa sepeda listrik Tiongkok membanjiri pasar UE yang secara buatan dibuat murah, didukung oleh subsidi-subsidi.

Langkah-langkah perdagangan, katanya, akan melindungi 90.000 pekerja Uni Eropa dan lebih dari 800 perusahaan kecil dan menengah melawan persaingan tidak sehat.

Produsen Uni Eropa termasuk kelompok Belanda Accell dan Gazelle, Rumania Eurosport DHS, dan Jerman Derby Cycle Holding. (ran)

Rekomendasi video:

Tiongkok Resesi Ekonomi, Laporan yang Relevan Dikontrol Ketat

Share

Video Popular