Erabaru.net. India sedang membuat sejarah! Negara ini secara resmi memegang rekor patung tertinggi di dunia dengan monumen baru. Patung ini, bernama Statue of Unity (Patung Persatuan), diresmikan pada tanggal 31 Oktober lalu. Terbuat dari perunggu, patung itu untuk penghargaan pada pemimpin kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel, yang merupakan Wakil Perdana Menteri India yang pertama.

Patung tersebut dirancang oleh pematung India Ram V. Sutar dan terletak di atas Sungai Narmada di negara bagian Gujarat, India barat. Ketika patung itu diumumkan bertahun-tahun yang lalu, Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan bahwa dia ingin patung itu menjadi tokoh besar yang semua orang akan memperhatikan.

(Foto: Sam Panthaky / AFP)

“Di dunia, orang-orang membicarakan tentang Patung Liberty, Amerika. Kami ingin membuat patung Sardar Patel dengan dua kali ukuran Patung Liberty, ”kata Perdana Menteri Modi pada 2013 lalu. Patung itu sendiri setinggi 181 meter, hampir dua kali tinggi Patung Liberty. Itu juga menjadikannya patung tertinggi di dunia.

Sayangnya, patung itu belum mewujudkan harapan terbaik dalam membawa persatuan. Banyak penduduk setempat yang benar-benar marah dengan patung itu. Biaya pembuatan yang hamper 6 miliar rupiah, ditarik dari sumbangan negara bagian, federal, dan individu. Beberapa penduduk percaya bahwa uang yang dihabiskan untuk patung itu bisa dimanfaatkan dengan lebih baik.

(Foto: Sam Panthaky / AFP)

Bahkan, ada banyak protes atas patung itu, termasuk petani dan aktivis suku. Beberapa protes bahkan telah berubah menjadi kekerasan, yang mendorong penempatan ribuan polisi untuk mengendalikannya. Para petani lokal telah menuntut kompensasi atas tanah yang mereka katakan telah diambil oleh pemerintah untuk berbagai proyek, termasuk pembangunan monumen tersebut.

Meskipun demikian, Perdana Menteri Modi percaya bahwa ‘Patung Persatuan’ tidak hanya merupakan penghormatan luar biasa untuk mantan Perdana Menteri Patal, tetapi juga merupakan penghargaan kepada negara India secara keseluruhan. Dia menyebut patung itu “simbol integritas dan keteguhan India”. Dia juga percaya bahwa patung itu akan menjadi daya tarik wisata utama.

(Foto:Pesta Twitter / Bharatiya Janata)

Sayangnya, patung tersebut tidak akan menjadi patung tertinggi di dunia untuk waktu yang lama. Pemerintah di negara bagian barat Maharashtra di India sedang membangun patung baru itu sendiri. Patung Ini akan menjadi peringatan bagi raja prajurit Maratha Shivaji yang tingginya sekitar 190m, mengalahkan patung baru ini dengan beberapa meter. Tapi, untuk saat ini, Patung Persatuan ada dalam buku rekor.(yant)

Sumber: icepop.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular