Erabaru.net. Bocah yang berasal dari Texas yang berusia 6 tahun ini sering ditemukan bersama dengan adik laki-lakinya, Max, menyanyikan lagu-lagu favoritnya dan tidak menyukai apa pun selain bertanya kepada ibunya tentang hari itu.

“Dia bertanya kepada ibunya,‘ Hai mom, bagaimana pekerjaan hari ini? ’ Meredith Motz mengatakan kepada InsideEdition.com dengan tawa, hampir tidak percaya. “Itu seperti,‘ Ya ampun, siapa kamu? ’

Itu Karena sudah lima tahun lamanya, Mason tidak bisa mengucapkan sepatah kata pun.

Mason dilahirkan dengan sindrom sotos, kondisi genetik yang sering ditandai dengan penampilan wajah yang khas, pertumbuhan yang berlebihan di masa kanak-kanak dan ketidakmampuan belajar atau perkembangan kemampuan mental dan gerakan yang tertunda.

“Sejak lahir, dia mengalami penundaan dan masalah,” kata Motz.

Perjuangan Mason sampai sejauh ini, membuat Mason frustrasi dan orangtuanya hampir putus asa.

“Dia sudah menjalani terapi bicara sejak dia berusia di atas 1 tahun,” kata Motz. “Tidur selalu membuat stres. Dia hampir berhenti bernapas. Dia kesulitan makan dan menelan; setiap kali dia makan kami harus menyediakan sesuatu yang bisa membantunya untuk menelan makanan. Dia membutuhkan nutrisi dalam tubuhnya. Giginya mulai bermasalah. ”

Setelah beberapa kali mengunjungi dokter gigi yang membuatnya frustasi, tidak terbiasa dengan perawatan anak-anak yang berkebutuhan khusus, Motz membawa Mason untuk menemui Dr. Amy Luedemann-Lazar di Kidstown Dental di Katy.

Ketika di sana, sementara anak itu dibius, Luedemann-Lazar yang akan membuat penemuan yang bisa mengubah kehidupan Mason dan keluarganya.

“Kami mendeteksi sambungan lidah,” katanya. “Mason bukan nonverbal; dia hanya tidak bisa bicara. Dia telah menjalani terapi bicara selama bertahun-tahun tetapi tidak ada yang melakukan pemeriksaan di bawah lidahnya. ”

Lidah yang secara formal dikenal sebagai ankyloglossia, adalah kondisi yang terjadi saat lahir di mana jaringan pita suara yang sangat pendek, tebal atau ketat mengikat ujung lidah ke dasar mulut, yang membatasi rentang geraknya.

“Ketika Anda sedang berada (dalam rahim), lidah Anda adalah bagian dari dasar mulut Anda,” kata Luedemann-Lazar. “Dasi lidah adalah pemisahan yang tidak lengkap.”

Efeknya, banyak dalam contoh, itu lebih luas daripada yang disadari banyak orang, kata Luedemann-Lazar. “Itu besar.”

Luedemann-Lazar akan melakukan perawatan laser Waterlase non-invasif untuk melepaskan dasi-lidah Mason di bulan April 2017. Perawatan laser untuk melepaskan dasi-lidah Mason hampir segera dilakukan.

“Dalam 12 jam, Akhirnya dia bisa berbicara dan itu luar biasa,” kata Motz.

Banyak penyakit fisik yang sudah lama dihadapi oleh Mason dan tidak ada yang bisa menanganinya kini penyakitnya telah sembuh.

“Itu seperti siang dan malam. Dia sekarang tidak lagi mengalami kesulitan makan; sekarang dia bisa makan berbagai jenis makanan, ”kata Motz. “Dia berperilaku lebih baik di sekolah. Perilakunya adalah masalah, karena dia mendapatkan kualitas tidur yang buruk di malam hari, dia selalu lelah dan tidak dapat mengekspresikan dirinya. Dia tidak mendengkur lagi. Sekarang dia sudah sembuh dari segala kesulitannya. ”

Melihat perubahan pada Mason itulah yang mendorong advokasi Luedemann-Lazar untuk menumbuhkan kesadaran di sekitar lidah dan dampaknya.

“Mason datang sebagai pendiam, gelisah, dan gugup,” katanya. “Dia memiliki banyak tantangan … melihat pertumbuhan dan perkembangan Mason, melihat gelombang udara, melihat keterikatan ototnya, mengidentifikasi lidah-dasi dan mengoreksi itu untuknya, melalui proses merehabilitasi fungsi lidah luar biasa. Itu seperti pot emas di ujung pelangi karena itulah Mason.

“Dia anak yang cerdas dan memiliki banyak hal untuk dikatakan setelah bertahun-tahun tidak mampu mengkomunikasikan apa yang ada di dalam hatinya dan di kepalanya. Jadi sekarang dia sangat interaktif, lucu, dan manis. ”

Itu adalah hasrat Luedemann-Lazar yang sangat disyukuri oleh Motz, katanya.

“Dia melihat Mason yang tidak seperti biasanya itu luas biasa,” kata Motz.

Dia mendesak orangtua untuk percaya pada keberanian mereka ketika menyangkut kesejahteraan anak-anak mereka, mengatakan: “Jika Anda berpikir ada sesuatu yang terjadi, carilah dokter yang akan menghargai pendapat Anda.”

Luedemann-Lazar mencatat beberapa tanda-tanda seorang anak yang menderita dengan lidahnya mungkin itu menunjukkan:

– Masalah menyusui: “Kadang-kadang Anda akan memiliki masalah dengan menyusui, dan banyak sekali ibu-ibu yang tidak mengetahuinya sampai nanti, karena mereka selalu memikirkan keadaan air susu mereka.” Tapi itu sungguh memungkinkan karena bayi tidak bisa menempel, karena dasi lidah kata Luedemann-Lazar.

– Memakan “Picky”: “Balita kadang-kadang mengalami kesulitan untuk memakan buah-buahan, sayuran, dan daging dan bahkan sering mengalami tersedak banyak dan menjadi apa yang orangtua sebut pemakan pilih-pilih. Tetapi ketika Anda menyelidiki, mereka hanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan lunak dan makanan olahan. ”

– Masalah dengan ucapan: “Jika mereka mencoba berbicara dengan Anda dan mereka tidak dapat berkomunikasi karena Anda tidak dapat memahami apa yang mereka katakan, itu benar-benar membuat frustasi bagi anak-anak dan dapat terlihat seperti masalah perilaku.”

– Rongga yang tidak dapat dijelaskan: “Jika anak Anda mengonsumsi makanan terlalu banyak gizi dan mereka akan mengalami masalah rongga besar.”

– Masalah tidur: “Semua otot Anda tertidur ketika Anda sedang tidur dan bersantai, dan lidah Anda adalah delapan pasang otot. Jadi ketika Anda tertidur … itu menjadi terbatas pada dasar mulut Anda, [itu] akan benar-benar turun dan kembali ke saluran napas Anda dan menciptakan obstruksi atau penyumbatan parsial, yang akan menciptakan banyak masalah perilaku pada anak-anak dan orang dewasa. ”

– Struktur wajah: “Dengan lidah yang benar-benar berfungsi tinggi dan tidak ada ikatan lidah, Anda akan mendapatkan tulang cek yang cantik, garis rahang yang indah, rahang yang sangat luas yang cocok dengan ruang dan gigi bayi. Gigi bayi seharusnya tidak saling berdekatan – itu pertanda buruk. ”

Mason masih dalam terapi berbicara, tetapi sekarang dia dapat membicarakan bagaimana perasaannya dan apa yang dia pikirkan – kemampuan yang tak ternilai untuk seorang bocah lelaki yang penuh dengan ide dan percakapan.

“Dia benar-benar suka pergi ke sekolah,” kata Motz. “Dia suka berdandan dan juga suka menari. Anda dapat melakukan percakapan dengannya. Dia menyanyikan lagu.

“Dia memusnahkan DVD ‘Les Misérables’ yang dia tonton,” katanya sambil tertawa. “Dia selalu punya banyak hal untuk dikatakan, dan akhirnya sekarang dia bisa membentuk kata-kata.” (rpg)

Sumber: insideedition

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular